Jumat, 23 Agustus 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 23 Agustus 2024   |   WIB
Perkuat Semangat Kebangsaan, BIG Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Cibinong, Berita Geospasial - Pengamalan nilai-nilai Pancasila penting untuk terus ditanamkan dalam seluruh komponen bangsa. Seiring dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, pada Senin, 3 Juni 2024, Badan Informasi Geospasial (BIG) melaksanakan upacara di Lapangan BIG. Diikuti seluruh pegawai BIG, upacara ini bertujuan memperkuat semangat kebangsaan dan meneguhkan komitmen terhadap Pancasila.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivisme, toleransi, dan gotong royong. Keanekaragaman yang ada adalah anugerah yang terjalin dalam identitas nasional yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Kepala BIG Muh Aris Marfai dalam amanatnya sebagai pembina upacara.

Aris menambahkan bahwa upacara tahun ini mengusung tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045'. Tema yang diusung tahun ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Komponen bangsa harus bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena Pancasila terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," imbuh Aris.

Aris melanjutkan bahwa Pancasila harus senantiasa menjadi jiwa dan pedoman agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

"Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” tandas Aris membacakan pidato Hari Lahir Pancasila berdasarkan surat edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 2 Tahun 2024 tentang pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024.

Menutup sambutan, Aris mengajak seluruh pegawai BIG untuk bersama-sama bergotong royong merawat nilai-nilai Pancasila dengan bekerja sama, dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Melalui peringatan ini, diharapkan dapat memompa semangat seluruh bangsa Indonesia untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. (SMN/LR)