Kamis, 12 September 2024   |   WIB
en | id
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
Baju Adat dan Pemberian Satyalancana Karya Satya Warnai Upacara HUT RI di BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sekretaris Utama (Setama) Badan Informasi Geosapsial (BIG) Belinda Arunarwati Margono mengenakan baju adat Bali menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 di Lapangan BIG pada pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Tidak hanya setama, namun seluruh peserta upacara mengenakan baju adat Nusantara.

Pemakaian baju adat pada upacara peringatan kemerdekaan tahun ini menunjukkan apresiasi terhadap warisan budaya Indonesia. Selain itu, juga mempertegas keberlanjutan nilai-nilai kebesaran dan kebangsaan yang diwariskan para pendahulu.

"Upacara peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus adalah bentuk bakti kita pada negeri. Setelah perjuangan panjang dan pengorbanan para pahlawan, kita harus terus menjaga semangat dan warisan ini. Salah satunya dengan memperingati HUT bangsa Indonesia. Salam Merdeka!" ujar Belinda.

`Nusantara Baru Indonesia Maju` dipilih menjadi tema Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. Tema ini mencerminkan visi pembangunan berkelanjutan dan semangat persatuan bangsa dalam menyongsong era baru.

Usai upacara peringatan kemerdekaan, dilakukan penyerahan piagam Satyalancana Karya Satya kepada pegawai yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun. Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Setama BIG.

"Saya merasa sangat bersyukur dan terhormat menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya. Penghargaan ini adalah pengakuan atas dedikasi kami selama 10 tahun mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil di BIG. Ini menjadi motivasi tambahan bagi saya dan rekan-rekan untuk terus berkontribusi, bekerja dengan integritas, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ungkap Lufti Rangga Saputra dari Direktorat Pemetaan Rupabumi Wilayah Laut dan Pantai, yang menerima Satyalancana Karya Satya 10 tahun.

Sementara itu, penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun diwakili Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Informasi Geospasial Ratna Sari Dewi dan penerima Satyalancana Karya Satya 30 tahun diwakili Kepala Biro Umum dan Keuangan Tito Setiawan.

Sebagai informasi, Satyalancana Karya Satya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1994 merupakan penghargaan dari negara terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, negara, dan pemerintah sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya. Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi penerimanya dalam mengabdi bagi bangsa. (LR/NIN)