Kamis, 12 September 2024   |   WIB
en | id
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
Mahasiswa Uhamka Gali Wawasan Geospasial di BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sebanyak 25 mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) bersama empat dosen pendamping mengunjungi Badan Informasi Geospasial (BIG). Mereka hendak memperdalam pemahaman tentang penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG), yang merupakan tugas utama BIG.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kami. Mahasiswa membutuhkan pengalaman langsung, bukan hanya pembelajaran di kampus. Materi yang disampaikan BIG akan kami jadikan bahan evaluasi dan pembelajaran lebih lanjut," ujar Dosen Geografi Uhamka Mushoddik pada Rabu, 22 Agustus 2024.

Kunjungan diterima oleh perwakilan humas BIG Agung Teguh Mandira. Ia berharap para mahasiswa dapat memperoleh wawasan baru mengenai penyelenggaraan IG.

"Manfaatkan kunjungan ini dengan optimal. Kalian akan mempelajari geografi dalam konteks dunia kerja, mulai dari tugas dan fungsi BIG, mengenal pemetaan dasar, penyajian dan penyebarluasan IG, hingga memahami Sistem Informasi Geografi (SIG)," ujar Agung.

Kunjungan dikemas dengan dialog santai antara mahasiswa dengan narasumber dari unit teknis BIG. Mereka mendapat penjelasan tentang berbagai produk dan layanan yang disediakan BIG.

"Layanan BIG mencakup jasa konsultasi, pengukuran data dasar geospasial, batas administrasi, pemetaan tematik, pendidikan dan pelatihan, serta jasa IG lainnya. Produk utama kami adalah Peta Rupabumi Indonesia (RBI)," jelas Farrah Leovita Pangestu dari Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama.

Materi kemudian dilanjutkan oleh Widyaiswara Ahli Pertama Muh Abdul Aziz Asidiqi. Ia menjelaskan bahwa SIG adalah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menyajikan data spasial terkait lokasi geografis.

"Aplikasi SIG bermanfaat untuk perencanaan kota, pengelolaan lingkungan, pemetaan risiko bencana, serta analisis penyebaran penyakit dan pengelolaan fasilitas kesehatan," tambah Aziz.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab mengenai layanan dan produk BIG, dilanjutkan dengan praktik langsung mahasiswa yang mempelajari cara menggunakan alat-alat survei lapangan. (SMN/NIN)