Kamis, 12 September 2024   |   WIB
en | id
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
Sesma BIG: Kami Menempatkan Pelayanan Sebagai Prioritas Utama

Jakarta, Berita Geospasial – Sekretaris Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Belinda Arunarwati Margono menghadiri Seminar Nasional yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional (IKA Pimnas) Lembaga Administrasi Negara (LAN). Seminar dengan tema `Kepemimpinan Birokrasi dalam Penguatan Tata Kelola Pemerintahan untuk Mendukung Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik` ini membahas tentang Reformasi Birokrasi (RB) yang berdampak, bukan hanya sekadar tumpukan kertas.

Belinda yang juga anggota IKA Pimnas menyatakan, penyederhanaan birokrasi dan pelayanan publik adalah hal krusial. Ia juga menambahkan, bahwa BIG tengah merapikan dan menginventarisasi aplikasi untuk memastikan integrasi layanan yang lebih baik.

"Di BIG, kami menempatkan pelayanan sebagai prioritas utama. Birokrasi bukan hanya tentang produksi, tetapi juga tentang memastikan kebermanfaatan yang nyata bagi masyarakat," ujarnya pada Senin, 19 Agustus 2024.

Pada kesempata yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam paparan kuncinya menjelaskan bagaimana arah pelayanan publik terkini yang berorientasi pada dampak dan berbasis digital. Ia menekankan pentingnya transformasi digital sebagai strategi utama, termasuk pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan menyederhanakan dan mengonsolidasi layanan publik serta administrasi pemerintahan dalam portal nasional.

"Pemerintah di era digital harus membangun infrastruktur kehidupan digital yang strategis dan terintegrasi, dengan kolaborasi lintas sektor untuk menghapus silo demi terwujudnya layanan digital nasional terpadu," ujar Anas

Sebagai informasi, acara ini juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, anggota IKA Pimnas, serta sejumlah tamu undangan yang turut berpartisipasi dalam sesi bincang alumni. (LR/NIN)