Kamis, 12 September 2024   |   WIB
en | id
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
Komisi VII DPR RI Apresiasi Prestasi BIG Raih WTP 7 Kali Berturut-Turut

Jakarta, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tujuh tahun berturut-turut sejak 2017. Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara BIG dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang berlangsung di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 21 Agustus 2024, Komisi VII DPR RI menyampaikan apresiasinya kepada BIG atas prestasi tersebut.

Dalam RDP yang membahas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran (TA) 2023 tersebut, Kepala BIG, Muh Aris Marfai menyatakan bahwa BIG akan menindaklanjuti arahan dari Komisi VII DPR RI, termasuk rekomendasi dari BPK.

“Sesuai dengan rekomendasi, kami akan menindaklanjuti arahan dari Komisi VII DPR RI. BIG juga telah menindaklanjuti seluruh rekomendasi hasil pemeriksaan BPK dengan tingkat persentase penyelesaian tindak lanjut s.d semester II tahun 2023 sebesar 95,87%,” ucap Aris.

Aris melanjutkan bahwa anggaran BIG pada tahun 2023 sebesar 444 Miliar telah terealisasi sebesar 422 Miliar atau sekitar 95,02%. Realisasi tersebut merupakan output strategis dari BIG yang menjadi bagian dari prioritas nasional (PN).

“Realisasi anggaran BIG di TA 2023, mencapai 95,02%, dengan output kegiatan berdasarkan PN seperti: pemutakhiran data garis pantai, kesepakatan teknis mengenai batas wilayah, layanan data center, pembangunan Continuously Operating Reference Station (CORS) dan pasang surut, pengelolaan titik pantau geodinamika, kesepakatan teknis batas darat dan laut, serta pilar dan peta batas negara,” tandas Aris.

Aris juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komisi VII DPR RI atas dukungan, apresiasi, dan arahannya. Membalas hal tersebut, Dony Maryadi Oekon, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI menyatakan apresiasinya kepada BIG.

“Komisi VII DPR RI dapat memahami laporan keuangan BIG pada APBN TA 2023, dan memberikan apresiasi kepada BIG atas capaian kinerja keuangan yang memperoleh WTP,” ungkap Dony. (IVN/LR)