Kamis, 12 September 2024   |   WIB
en | id
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
IGD Skala Besar: Komitmen BIG dalam Peringatan HUT Ke-79 RI

Jakarta, Berita Geospasial - Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan upacara kemerdekaan tahun ini. Selain di IKN, upacara kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) juga diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/08/2024). Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai dengan antusias hadir dan mengikuti detik-detik proklamasi dengan khidmat.

Pada momen peringatan hari kemerdekaan ini, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan pesan kepada segenap bangsa Indonesia untuk terus bergandengan tangan membangun Indonesia Maju di setiap kesempatan.

“Saya berharap kita dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk terus memajukan Indonesia, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun teknologi,” pesan Wapres Ma’ruf Amin.

Melalui kerja keras, inovasi, dan sinergi kuat seluruh elemen bangsa, Wapres pun meyakini Indonesia dapat meraih masa depan yang semakin gemilang. “Tentu saja masih banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai bangsa yang terus berkembang. Namun, saya yakin dengan semangat persatuan dan gotong royong yang telah mengakar kuat dalam diri bangsa Indonesia, kita akan mampu mengatasi segala rintangan tersebut,” imbuhnya.

Dalam momen kemerdekaan ini, Kepala BIG Muh Aris Marfai menyampaikan bahwa BIG terus berupaya untuk mewujudkan penyediaan Informasi Geospasial Dasar (IGD) nasional, mendukung dan membina ketersediaan Informasi Geospasial Tematik (IGT) di setiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, serta membangun insfrastruktur Informasi Geospasial (IG) yang kuat.

“Dengan peringatan 79 tahun Kemerdekaan RI dan menuju Indonesia Emas 2045, upaya dan dukungan BIG yaitu dengan IGD skala besar yang terus dihasilkan dalam upaya memacu tumbuhnya IGT untuk mendukung berbagai sektor pembangunan,”pungkas Aris.

BIG juga berkomitmen melakukan pembinaan melalui aktivitas asesmen penyelenggaraan IGT, penyediaan dokumen spesifikasi teknis yang berstandar, pengimplementasian dokumen teknis untuk produksi IG, dan optimalisasi data untuk kepentingan sektoral, maupun lintas sektoral. (KW/MN)