Sentul, Berita Geospasial – Salah satu strategi Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam melakukan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terintegrasi yang selaras dengan visi dan misi lembaga adalah melalui BIG Corporate University (BIG- CORPU). Sebagai bentuk implementasinya, BIG menyelenggarakan Forum Pembelajaran Strategis pada Selasa, 12 November 2024, di Sentul, Bogor.
Forum ini dihadiri oleh seluruh Dewan Pengarah yang diketuai oleh Kepala BIG dan beranggotakan para Pejabat Eselon I serta tim pelaksana yang terdiri dari para Pejabat Eselon II selaku Ketua Rumpun Keahlian, Plt. Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Informasi Geospasial (PPKIG) selaku koordinator pembelajar dan para mitra pembelajar.
“Keberhasilan BIG untuk bisa mewujudkan visi dan misi organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan kita semua dalam mewujudkan BIG menjadi organisasi pembelajar. BIG - CORPU adalah Strategi untuk menciptakan ‘Kinerja terbaik BIG’ dengan secara terus menerus meningkatkan ‘Kapabilitas SDM IG’ melalui pembelajaran dan pengelolaan pengetahuan,” demikian disampaikan Kepala BIG, Muh Aris Marfai dalam sambutannya membuka acara.
Aris menambahkan bahwa Implementasi CORPU di BIG memiliki tantangan yang sangat besar, mengingat tugas pelaksanaan Informasi Geospasial (IG) di Indonesia terpusat dilaksanaan oleh BIG. Sehingga, PPKIG memiliki peran yang sangat penting dalam implementasi CORPU di BIG.
“Dibutuhkan inovasi dan kreativitas yang tinggi dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi di BIG, tidak hanya business as usual, agar akselerasi IG dapat terlaksana dengan baik,” imbuh Aris.
Forum pembelajaran level strategis ini bertujuan untuk mendapatkan arahan strategis terkait fokus pengembangan kompetensi SDM yang memiliki keterkaitan dan kesesuaian dengan target kinerja BIG. Selain itu, juga untuk mendapatkan masukan dan saran terhadap permasalahan dan kebutuhan pembelajaran yang disampaikan Rumpun Kelompok Keahlian. Adapun hasil yang diterapkan adalah dokumen strategi pembelajaran dan dokumen kebijakan integrasi sistem pembelajaran.
Selanjutnya, dalam laporan kegiatan pelatihan yang disampaikan oleh Plt. Kepala PPKIG BIG, Ratna Sari Dewi, selaku Koordinator Pembelajaran BIG-CORPU, bahwa hingga triwulan ketiga tahun 2024 telah dilaksanakan 7 program pengembangan kompetensi yang diikuti oeleh 138 peserta. Jumlah tersebut telah mencakup 17% dari jumlah pegawai di BIG.
“Selain itu tahun ini PPKIG juga telah mendapatkan 2 akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara, yaitu Akreditasi Lembaga Pelatihan dengan predikat Bintang Satu dan Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang IG dengan predikat B,” jelas Dewi.
Secara umum, forum pembelajaran berfungsi sebagai media untuk merumuskan, perencanaan, penyelenggaraan, pengembangan dan evaluasi BIG-CORPU. Forum Pembelajaran Level Strategis merupakan forum level tertinggi dalam BIG-CORPU, yang bertujuan untuk salah satunya menetapkan strategi pembelajaran sesuai rencana strategis BIG. Forum ini membahas secara rinci mengenai kebutuhan pengembangan kompetensi, kaitannya dalam implementasi CORPU di BIG.
Pada juga disampaikan paparan rencana dan kebutuhan pembelajaran yang disampaikan dari masing-masing Rumpun Keahlian. Forum lalu dilanjutkan dengan arahan dari Deputi Bidang IG Dasar, Deputi Bidang IG Tematik, Deputi bidang Infrastruktur IG, Sekretaris Utama dan Kepala BIG selaku Dewan Pengarah Pembelajaran BIG-CORPU.
Rangkaian kegiatan Forum Pembelajaran Strategis ini juga meliputi kegiatan Workshop Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi. Dalam acara tersebut disampaikan paparan dan diskusi terkait Strategi Implementasi CORPU oleh Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Erna Irawati.
“Esensi implementasi CORPU adalah bagaimana BIG, baik melalui unit kerja maupun individu dapat bersama-sama mencapai tujuan organisasi. Arah pengembangan kompetensi dipusatkan pada pengembangan digital, mengingat value yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi,” papar Erna.
Lebih lanjut, terdapat tiga komponen penting dalam sistem pembelajaran yakni kultur, sistem, dan orang. Tujuan CORPU sebagai organisasi pembelajar adalah menjadi lembaga independen yang bertugas untuk mengelola proses pembelajaran setiap personal di lingkungan BIG. (RIN/ARIF/LR)