Minggu, 30 Juni 2024   |   WIB
en | id
Minggu, 30 Juni 2024   |   WIB
BIG Peroleh Penghargaan BNN atas Dukungan dalam Pemberantasan Narkotika

Pekanbaru, Berita Geospasial - Badan Informasi Geopsasial (BIG) menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) pada peringatan puncak Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2024 di Pekanbaru, Riau pada Rabu, 26 Juni 2024. Penghargaan diberikan karena BIG dinilai BNN telah berkontribusi secara aktif dan konsisten dalam mendukung Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

"BIG tetap berkomitmen dan kepedulian yang tinggi dalam upaya P4GN melalui pemanfaatan Informasi Geospasial (IG) lewat pembangunan peta tematik untuk keperluan pemusnahan lahan ganja," ungkap Lien Rosalina, Kepala Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG yang hadir menerima penghargaan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Heri Maryadi, disaksikan oleh Kepala BNN Komisaris Jenderal Martinus Hukum.

Penilaian kepada BIG secara spesifik disampaikan Kepala BNN yang dituangkan melalui Keputusan Kepala BNN Nomor KEP/66.4/VI/KA/PM.00/2024; dimana BIG telah berkontribusi dan berperan aktif dalam memberikan bantuan untuk penyiapan dan pengolahan data geospasial, serta pembagunan Peta Tematik Lahan Ganja di wilayah Aceh untuk dilakukan pemusnahan oleh BNN.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2015 hingga sekarang, BIG telah berperan mendukung BNN melalui penyelenggaraan IG Tematik (IGT) terkait lahan ganja untuk pemusnahan ladang ganja di beberapa lokasipemusnahan di Aceh, serta Sumatera Utara. Komitmen BIG kepada BNN diperkuat lagi dalam kurun waktu 2023 – 2024 dimana BIG telah memprogramkan Pembinaan Penyelenggaraan IGT Lahan Ganja.

Pembinaan tersebut dilakukan BIG kepada BNN, selaku wali data IGT Lahan Ganja, agar IGT sebagai instrumen dalam mendukung proses bisnis BNN dalam pemberantasan peredaran narkotika khususnya jenis Ganja/Cannabis.

Dimulai dari penyusunan rancangan standar produk data (SPD) IGT Lahan Ganja Skala 1:50.000, dan dilanjutkan dengan penyusunan model/prototype IGT Lahan Ganja, serta menyusun modul petunjuk teknis bagaimana mewujudkan IGT sebagaimana tertuang dalam rancangan (SPD) IGT Lahan Ganja Skala 1:50.000. Melalui penyusunan modul petunjuk teknis inilah, inovasi pengetahuan dan teknologi dirumuskan bersama dalam mewujudkan IGT Lahan Ganja Skala 1:50.000 yang siap digunakan.

Sebagai wali data, BNN harus bisa menyelenggarakan dan mengelola data, maka transfer pengetahuan survei dan pemetaan kepada sumberdaya manusia pengelola IG di BNN juga dilaksanakan melalui beberapa bimbingan teknis, sesuai dengan modul petunjuk teknis penyelenggaraan IGT Lahan Ganja Skala 1:50.000. Semoga kerja kolaboratif ini dapat berkelanjutan, khususnya penguatan komitmen bersama dalam penyelenggaraan IGT untuk mendukung pemberantasan penyalagunaan narkotika. (YW/TR/LR)