Jumat, 28 Juni 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 28 Juni 2024   |   WIB
Kurban Sebagai Sarana Berbagi Jemaah Masjid Al-Idrisi BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Jemaah Masjid Al-Idrisi Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali mengadakan pemotongan hewan kurban di lingkungan kantor BIG pada Rabu 19 Juni 2024.

“Kami berterima kasih kepada pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Idrisi BIG yang telah mau menerima dan mendistribusikan hewan kurban Jemaah Al-Idrisi. Semoga ini menjadikan kita orang yang bertakwa,” ungkap Amin Widada Lestariya salah seorang peserta kurban BIG.

Total jumlah hewan kurban yang disembelih adalah tiga ekor sapi dan dua ekor kambing. Prosesi penyembelihan dilakukan oleh Ketua DKM Al-Idrisi BIG Enjang Farid, dan Kepala Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) BIG Ade Komara Mulyana. Kegiatan ini rutin diadakan DKM Al-Idrisi BIG tiap tahunnya sebagian sarana berbagi dengan sesama.

“Usulan sekitar 700 paket, dan yang kami sanggupi sekitar 450 bungkus. Kami ucapkan terima kasih kepada jemaah yang telah menitipkan hewan kurbannya di Al-Idrisi BIG,” Enjang.

Umar Wirahadikusumah, selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Wilayah 1 Cibinong berkesempatan hadir untuk mengawasi pelaksanaan penyembelihan hewan di BIG tersebut.

Umar menjelaskan bahwa perannya sebagai fungsi pengawasan hewan kurban. "Ada empat yang kami periksa: hati, limpa, jantung dan jantung. Alhamdulillah hewan sembelihan di BIG semuanya aman dan layak konsumsi,” jelasnya.

Hewan kurban diberikan kepada pihak internal dan eksternal BIG. Internal kepada pengemudi, satpam, petugas diesel, petugas air, dan caraka BIG. Sedangkan eksternal kepada satpam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta masyarakat sekitar kantor BIG. (ATM/LR)