Selasa, 18 Juni 2024   |   WIB
en | id
Selasa, 18 Juni 2024   |   WIB
Analisis Spasial Penyebaran dan Penanganan Covid-19 di Indonesia

Pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Untuk mempercepat penanggulangan Covid-19 di Indonesia, BIG melalui Keputusan Kepala BIG no 21 tahun 2020 membentuk Tim Penyiapan Data dan Informasi Geospasial Tematik Covid-19. Tim tersebut kemudian menyusun portal BIG Covid-19 dengan tujuan untuk menyebarluaskan data dan informasi geospasial terkait Covid-19 sehingga dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Pembangunan Portal BIG Covid-19 ini telah berhasil dimplementasikan dan dapat diakses pada alamat https://covid19.big.go.id. Portal ini menyajikan beberapa data dan informasi geospasial yang terkait dengan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Portal BIG Covid-19 dikembangkan untuk mendukung pemerintah dalam menyebarluaskan data, informasi, dan analisa spasial kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Portal ini didesain untuk dapat dikembangkan lebih lanjut dan dapat diintegrasikan dengan berbagai platform web lainnya.

Portal ini memberikan data dan informasi mengenai update data harian kasus pasien Covid-19 yang berstatus positif, sembuh, dan meninggal dalam bentuk angka dan grafik. Statistik persebaran jumlah kasus harian juga disajikan secara akumulatif untuk tiap provinsi di Indonesia.

Analisa spasial dilakukan mealui pemodelan secara geografis. Dengan analisa spasial, kita dapat melakukan beberapa hal, seperti menentukan hubungan atau relasi antar wilayah, memahami dan menjelaskan suatu fenomena di lokasi tertentu, mendeteksi dan menghitung pola kejadian secara keruangan dari fenomena tertnetu, membuat prediksi, hingga mencari lokasi dan jalur terbaik untuk kebutuhan analisis keruangan tertentu.

Analisa spasial yang ada pada Portal BIG Covid-19 di antaranya peta wilayah terjangkit, peta sebaran per waktu, peta jangkauan rumah sait rujukan, peta analisa hazard vulnerability, peta analisis risiko panemi, peta analisis origin destination cost, peta rasio prevalensi, peta mapping cluster, dan peta ketahanan pangan.

BIG berharap data dan informasi spasial yang ada di Portal BIG Covid-19 bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Selain itu, Portal BIG Covid-19 ini juga bisa dijadikan rujukan untuk pengambilan kebijakan para stakeholder terkait dalam menangani pandemik COVID-19 di Indonesia. Untuk itu diperlukan koordinasi antar stakeholder: K/L, pemda, akademisi, serta mitra pembangunan (NGO) dalam hal penyediaan data/akses pemanfaatan data untuk analisis dan pemodelan spasial sehingga mempercepat penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia.

Portal BIG Covid-19 ini, beserta berbagi pakai data dan informasi geospasial melalui Ina-Geoportal, menjawab tantangan ketersediaan informasi geospasial pada Peta Desa Indikatif dengan Pemetaan Partisipatif dan Geoportal Palapa sebagai Geoportal Simpul Jaringan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Instansi lainnya telah diikutkan pada ajang The Challengers 112 Inovasi Indonesia tahun 2020 ini.