Jumat, 20 September 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 20 September 2024   |   WIB
"Bersatu Kita Maju” di Hari Sumpah Pemuda ke-91

Pertama

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Cibinong, Bogor. Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, 28 Oktober 2019 Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai BIG. Upacara ini dilaksanakan di lapangan BIG yang dipimpin oleh Abdul Jamil dan sebagai pembina upacara, Muhtadi Ganda Sutrisna, Sekretaris Utama BIG.

Dengan mengambil tema “ Bersatu Kita Maju”, Bapak Muhtadi menyampaikan bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa seperti komitmen yang dibangun oleh para pemuda dahulu pada tahun 1928. Seperti kutipan yang diambil dari pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bahwa “Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap sikap primodial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.” Ungkap Ganda.

Menurutnya kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti sesungguhnya kalau masa depan itu Hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat juga tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.Beliau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkankemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Saat ini, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintergrasi tinggi,jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdaas, kerja ikhlas, dan tuntas . Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektualdan skill kepemimpinaan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tidak cukup dengan itu, dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun 2019 ini, diharapkan lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam. Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indoneisa harus maju dan berani menaklukan dunia, banyak pihak berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia. (FR/NN)

”Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad, dan

Cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.