Senin, 28 Oktober 2024   |   WIB
id | en
Senin, 28 Oktober 2024   |   WIB
Semarak HIG 2024 untuk Rayakan 55 Tahun Peran Geospasial di Indonesia

Cibinong, Berita Geospasial - Sejak Agustus lalu, euforia Hari Informasi Geospasial (HIG) 2024 telah dirayakan oleh seluruh elemen Badan Informasi Geospasial (BIG). Puncak perayaan yang berlangsung meriah pada Selasa, 22 Oktober 2024, menjadi penutup sempurna berbagai rangkaian acara.

HIG 2024 mengambil tema `Informasi Geospasial Andal untuk Indonesia Emas`. Tema tersebut menegaskan peran penting data dan Informasi Geospasial (IG) yang akurat dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Tito Setiawan, Kepala Biro Umum dan Keuangan BIG yang juga didapuk menjadi Ketua HIG 2024, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena seluruh rangkaian acara dapat terlaksana dengan baik hingga puncak peringatan. “17 Oktober dipilih sebagai peringatan Hari Informasi Geospasial karena pada tanggal tersebut di tahun 1969 dibentuk Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) yang menjadi cikal bakal BIG,” ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa selama lebih dari lima dekade, BIG telah berperan penting dalam penyediaan IG untuk berbagai kebutuhan nasional. HIG 2024 sekaligus menjadi momentum penting untuk menyoroti peran data geospasial dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Namun, tantangan ke depan semakin besar," lanjut Tito.

Di usianya yang kini menginjak 55 tahun, BIG terus memperkokoh komitmennya dalam menyediakan IG berkualitas. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mempercepat transisi energi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis geospasial.

Tito Setiawan juga menjelaskan bahwa perayaan HIG ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan dan nilai-nilai sosial BIG sekaligus menumbuhkan kebersamaan antara pegawai dan masyarakat. "Kami mendorong kreativitas pegawai melalui berbagai kompetisi dan kegiatan," tambahnya.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu lomba foto, lomba gambar, seminar dan workshop terkait IG, open house untuk pelajar, upacara peringatan, jalan sehat, serta kompetisi olahraga antarpegawai. BIG juga menaruh perhatian khusus pada kepedulian sosial.

“Sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat, dalam rangkaian HIG 2024 diselenggarakan khitanan massal untuk 22 anak, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, santunan pendidikan untuk anak pegawai BIG, serta Jumat Berkah dengan mengunjungi beberapa panti asuhan,” jelas Tito.

Pada puncak acara ini, lanjut Tito, BIG juga memberikan penghargaan kepada pegawai dan pihak-pihak terkait yang berkontribusi besar dalam mendukung program dan layanan lembaga. Ia menutup sambutannya dengan apresiasi atas kerja sama seluruh pihak dalam menyukseskan HIG 2024.

“Dengan segala keterbatasan, teman-teman di BIG telah bekerja sama dengan baik dalam satu kesatuan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi pendorong bagi kita semua untuk terus berbenah dan berkembang menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. (NIN/IP)