Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
id | en
Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
Penilaian Bhumandala Award Kategori Kinerja Simpul Jaringan IG Masuki Tahap Akhir

Cibinong, Berita Geospasial — Bhumandala Award untuk kategori Kinerja Simpul Jaringan (SJ) Informasi Geospasial (IG) yang diselenggarakan Badan Informasi Geospasial (BIG) telah memasuki tahap kedua penilaian. Kegiatan dilaksanakan pada 14-15 Oktober 2024 di Harris Hotel & Convention, Bogor. Tahap ini bertujuan untuk menilai dan memberikan penghargaan kepada SJ yang menunjukkan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan dan pengelolaan data geospasial.

“SJ IG memainkan peran kunci dalam mendukung pembangunan nasional melalui penyediaan data yang akurat, mutakhir, dan interoperabel”, ungkap Belinda Arunarwati Margono Sekretaris Utama BIG saat memberikan sambutan pembuka melalui zoom meeting.

Belinda menyampaikan pentingnya peran SJ dalam mendukung keterpaduan data geospasial di Indonesia. Melalui penilaian ini, diharapkan semakin banyak instansi yang termotivasi untuk meningkatkan kinerja simpul jaringan mereka guna mendukung pembangunan yang berbasis data geospasial.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kelembagaan dan Jaringan IG BIG Rachman Rifai menyoroti pentingnya peningkatan kualitas SJ, baik dari segi manajemen data, maupun inovasi dalam pemanfaatan IG untuk kepentingan publik dan pemerintah.

“Melalui SJ, semua instansi pemerintah wajib mempublikasikan datanya, kemudian sebagai salah satu bentuk evaluasi, monitoring, dan pembinaan itu adalah Bhumandala ini,” tutur Rachman.

Adapun pada tahap kedua penilaian Bhumandala ini dilakukan terhadap nominasi dari beberapa kategori. Total ada 37 peserta yang dipanggil untuk penilaian ini, yaitu tujuh SJ kementerian/lembaga, 10 SJ pemerintah provinsi, 10 SJ pemerintah kabupaten, dan 10 SJ pemerintah kota.

Proses penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari tim ahli, praktisi dan akademisi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Pendayaan Aparatur Negara/Reformasi Birokrasi, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Esa Unggul serta perwakilan BIG.

Para peserta dari masing-masing kategori memaparkan kinerja dan inovasi yang telah mereka capai dalam pengelolaan SJ IG di instansi masing-masing. Beberapa aspek penting yang dinilai meliputi: kemampuan integrasi dan interoperabilitas data geospasial, kualitas penyelenggaraan SJ, pengelolaan operasional yang berkelanjutan, dan inovasi dalam pemanfaatan data dan teknologi geospasial

Selama proses penilaian, para peserta dinilai berdasarkan presentasi kinerja, kelengkapan dokumen pendukung, serta hasil wawancara oleh dewan juri. Hasil dari penilaian tahap ini akan menjadi dasar untuk menentukan peringkat kinerja SJ terbaik untuk diumumkan pada malam Penganugerahan Bhumandala Award 2024 yang akan datang. (LNR/LR)