Selasa, 15 Oktober 2024   |   WIB
id | en
Selasa, 15 Oktober 2024   |   WIB
Humas BIG Raih Terbaik Ketiga di AMH 2024 Kategori Audio Visual

Bandung, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) berhasil meraih terbaik ketiga pada Anugerah Media Humas (AMH) 2024 kategori Media Audio Visual di kelompok untuk Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama (HHMK) BIG Mone Iye Cornelia Marschiavelli mengatakan, Humas BIG bertanggung jawab sebagai garda terdepan dalam meningkatkan geoliterasi. Salah satu caranya adalah memastikan Informasi Geospasial (IG) dipahami dan dimanfaatkan untuk pembangunan berkelanjutan melalui media audiovisual.

“Pencapaian dalam AMH 2024 ini merupakan bukti apresiasi atas kinerja Humas BIG dalam menyuarakan pentingnya IG bagi negeri. Tapi ingat, ini baru awal. Jangan berpuas diri. Jadilah duta informasi yang optimis dan menyebarkan informasi yang positif,” ucap Mone usai menerima penghargaan AMH 2024 yang diinisiasi Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Prabu Revolusi mengatakan bahwa AMH 2024 cukup menguras waktu, pikiran, dan tenaga para juri. Meskipun semua karya peserta berkualitas, juri tetap harus memilih yang terbaik.

“Ini membuktikan bahwa karya insan humas semakin tahun, semakin berkualitas seiring perkembangan zaman. Insan humas yang belum dapat (penghargaan) jangan patah semangat, semua yang ada di sini adalah pemenang,” kata Prabu.

Prabu menambahkan, insan humas saat ini menghadapi tantangan komunikasi publik di era kecerdasan artifisial (AI). Menurutnya, perkembangan teknologi AI harus dimanfaatkan untuk mendukung tugas kehumasan.

"Bagaimana wajah baru kehumasan dengan sentuhan big data dan AI? Kita harus mulai mencari ide dengan memanfaatkan AI untuk membuat media yang menyebarkan pesan publik secara efektif," tuturnya.

Sebagai informasi, penghargaan AMH 2024 dibagi dalam enam kategori, yakni Media Sosial, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal, Siaran Pers Media Online, Website, dan Media Audio Visual. AMH juga memberikan penghargaan kepada penyuluh informasi publik dan video testimoni terbaik atas 10 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

BIG berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu, kategori Media Sosial, Media Internal dan Audio Visual. Video pada kanal Youtube BIG dengan judul `Menuju Tepi Timur Indonesia` berhasil memukau para juri.

Video dokumenter tersebut mengisahkan surveyor pemetaan BIG ketika menjalankan tugasnya melakukan survei densifikasi pilar batas negara untuk kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Video yang memiliki 2.700 kali tayangan ini mengutamakan narasi kuat, sehingga mampu menggerakkan emosi penonton.

Karya besutan Humas BIG ini diharapkan dapat mengedukasi dan dan meningkatkan literasi penonton tentang peran dan fungsi BIG dalam menjaga kedaulatan NKRI. Video dapat dilihat melalui https://youtu.be/sMGK1sqGlbc?si=JYqXGmD0UbyfFnub (IS/NIN)