Jumat, 04 Oktober 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 04 Oktober 2024   |   WIB
BIG Raih Predikat ‘BAIK’ dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Jakarta, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) mendapatkan pengakuan atas pencapaiannya dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) melalui predikat ‘BAIK’ dalam penghargaan Anindhita Wistara Data 2024 dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan ini diberikan pada peringatan Hari Statistika Nasional, 26 September 2024, dimana BIG menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan komitmen seluruh tim dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di BIG. Peningkatan ini terutama terlihat pada kegiatan-kegiatan kunci yang diinisiasi BIG dalam penyediaan data geospasial yang akurat dan berkelanjutan,” ungkap Sumaryono, Direktur Sumber Daya Manusia Informasi Geospasial sekaligus Penanggung Jawab Kelompok Kerja Pelaksana Data Statistik Sektoral di Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi BIG.

Sumaryono menekankan bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan atas upaya yang telah dilakukan, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan akurasi, kontribusi, serta relevansi data yang dihasilkan.

"Kami bangga dengan capaian ini, namun lebih dari itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan data di BIG demi mendukung pengambilan keputusan berbasis data untuk pembangunan nasional," tuturnya.

Penghargaan Anindhita Wistara Data 2024 ini diberikan terkait pencapaian BIG dalam beberapa kegiatan strategis, antara lain Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-CORS) dan ketersediaan data stasiun pasang surut. Kedua kegiatan ini menjadi kunci dalam penilaian karena berkontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas data geospasial, yang sekaligus menghasilkan data statistik yang akurat dan terkini.

Ina-CORS, yang merupakan jaringan stasiun referensi Global Navigation Satelite System (GNSS), telah berhasil melakukan estimasi perubahan posisi. Dimana hal ini penting dalam mendukung keakuratan data geospasial di Indonesia. Melalui peningkatan monitoring posisi, BIG mampu menyediakan data yang sangat berguna bagi berbagai sektor, termasuk mitigasi bencana dan pembangunan infrastruktur.

Selain itu, penyelenggaraan ketersediaan data stasiun pasang surut juga memberikan dampak positif. Data ini digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti pemantauan perubahan muka air laut yang penting dalam konteks perubahan iklim dan pengelolaan wilayah pesisir.

Penghargaan Anindhita Wistara Data 2024 ini diharapkan menjadi landasan yang kuat bagi BIG dalam terus memperbaiki kinerjanya, terutama dalam penyelenggaraan statistik sektoral yang lebih berkualitas, berkelanjutan, dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (AAN/Sumaryono/LR)