Jumat, 27 September 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 27 September 2024   |   WIB
BIG Tingkatkan Kepastian dan Ketertiban Batas Wilayah di Sorong

Sorong, Berita Geospasial – Batas suatu wilayah sangat penting. Batas menegaskan keberadaan suatu wilayah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikan Yosef Dwi Sigit Purnomo, Analis Surveyor Utama dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam sosialisasi Informasi Geospasial (IG) yang diselenggarakan BIG bersama dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Sorong, Papua, pada Selasa, 17 September 2024.

"Dengan mengetahui batas wilayah yang jelas, akan mendukung untuk menghindari konflik antar wilayah, mendukung perencanaan pembangunan di wilayah, mendukung ketertiban administrasi kependudukan, serta penggunaan anggaran, kegiatan sosial, ekonomi, dan politik," ujar Sigit.

Sigit menambahkan bahwa BIG merupakan anggota Tim Penetapan dan Penegasan Batas Pusat bersama dengan kementerian/lembaga (K/L) yang ada di pusat. Tim ini bertugas menyediakan data/informasi untuk pemetaan batas (foto udara, satelit, peta rupabumi), melaksanakan bimbingan dan supervisi kepada pelaksana aparatur yang ada di kabupaten/kota agar dapat melaksanakan tugas pemetaan batas desa/kelurahan secara tepat dan efisien.

Rico Sia, anggota Komisi VII DPR RI yang turut hadir menambahkan bahwa data geospasial dapat digunakan sebagai indikator untuk mengukur kemajuan pembangunan di berbagai sektor, seperti: kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan.

Senada, Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Sorong, Barbalina Osok, juga menyambut baik inisiatif BIG tersebut.

"Kerjasama dengan BIG sangat penting dalam upaya kita untuk mewujudkan tata ruang yang tertib dan teratur. Sosialisasi ini akan sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan terkait batas wilayah yang sering terjadi di lapangan," ungkap Barbalina.

Kolaborasi antara BIG dan Pemerintah Kabupaten Sorong ini menunjukkan komitmen bersama untuk membangun daerah yang lebih baik. Dengan adanya data geospasial yang akurat dan mudah diakses, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Sorong (HNK/LR).