Jumat, 27 September 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 27 September 2024   |   WIB
BIG dan Sintang Bersinergi Wujudkan Pembangunan Berbasis Data Geospasial

Cibinong, Berita Geospasial – Kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) di Cibinong menjadi saksi penandatanganan nota kesepakatan antara BIG dan Pemerintah Kabupaten Sintang dalam penyelenggaraan informasi geospasial, Kamis, 19 September 2024. Kesepakatan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan koordinasi dalam penyediaan data geospasial yang mendukung pembangunan di Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin selama ini. Ia juga mengapresiasi bantuan dari BIG dalam pembuatan peta di Kabupaten Sintang. "Saya punya mimpi untuk memiliki data yang lengkap demi pembangunan Kabupaten Sintang," ujar Jarot. Lebih lanjut, ia berharap agar BIG terus memberikan arahan dan petunjuk untuk mewujudkan impian tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Badan Informasi Geospasial Muh Aris Marfai menyampaikan sambutannya. Ia mengenang pengalamannya pada tahun 2005 ketika mengantar mahasiswa ke Kabupaten Sintang dan menyusuri Sungai Kapuas. “Saya sangat kagum dengan Bukit Kelam, sebuah monolit dengan potensi wisata yang luar biasa,” kenangnya.

Aris menegaskan bahwa BIG memiliki tugas penting dalam pengelolaan informasi geospasial dan mendukung daerah melalui data spasial yang akurat. “Kami mendukung perencanaan daerah dalam penyusunan RPJM, RTRW, hingga RDTR,” jelasnya. Dengan adanya penandatanganan kerja sama ini, BIG berharap dapat memudahkan koordinasi dan kolaborasi dalam penyediaan data terkait peta dasar yang diperlukan oleh Kabupaten Sintang.

Kesepakatan ini menjadi langkah konkret dalam pengembangan informasi geospasial yang komprehensif dan berperan penting dalam pembangunan dan perencanaan wilayah Kabupaten Sintang. (AFN/MN)