Kamis, 19 September 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 19 September 2024   |   WIB
BIG Tegaskan Komitmen Mendukung Pembangunan Perkebunan


Banten, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) menerima penghargaan dalam Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian pada tanggal 12-14 September di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten. Bunex 2024 mengusung tema Perkebunan Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan dan Energi Menuju Indonesia Emas 2045.

"BIG telah menjalankan pembinaan dan pendampingan dalam penyelenggaraan pemetaan perkebunan kelapa sawit dan perizinan berusaha perkebunan kelapa sawit. BIG juga tetap berkomitmen mendampingi Kementerian Pertanian lewat pembinaan pemetaan perkebunan kelapa sawit nasional, serta pembinaan dan pendampingan terlaksananya Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) di daerah," ungkap Lien Rosalina Direktur Integrasi dan Sinkronisasi Informasi Geospasial Tematik (IGT) BIG ketika ditemui setelah menerima penghargaan.

Lebih lanjut, STDB adalah surat keterangan bahwa di atas suatu lahan dilakukan budidaya komoditas perkebunan tertentu yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, dalam hal ini wali kota atau bupati. STDB merupakan elemen penting dalam upaya pemerintah mewujudkan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, serta komoditas perkebunan lain seperti: kopi, karet, kakao, dan lada.

Pada kesempatan ini BIG adalah satu-satunya lembaga yang mendapat penghargaan kategori kementerian/lembaga (K/L) dengan sinergitas dan komitmen tinggi dalam mendukung pembangunan perkebunan. Dimana Anugerah Perkebunan BUNEX ini diberikan kepada K/L, pemerintah daerah, perusahaan – perusahaan yang mempunyai inovasi dalam industri sawit, pusat riset, serta mitra pembangunan yang berperan dalam pembangunan perkebunan.

Sebagai informasi, BUNEX menjadi tempat pengembangan perkebunan Indonesia yang lebih maju, mandiri dan modern, serta sarana promosi bagi wirausaha (investasi) di sub sektor perkebunan, memotivasi pekebun/petani yang tangguh dalam bersaing secara lokal maupun global, dan menyediakan ruang kolaborasi dan sinergi bagi pekebun/petani Indonesia untuk saling berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi. (DISIGT/LR)