Selasa, 17 September 2024   |   WIB
id | en
Selasa, 17 September 2024   |   WIB
Dalami Pengetahuan SIG Dasar, SMKN 2 Terbanggi Besar Kunjungi BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) menerima kunjungan 25 siswa jurusan Geomatika Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Terbanggi Besar, Lampung Timur. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari Sistem Informasi Geografis (SIG) Dasar dan proses penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) yang menjadi tugas utama BIG.

Pada awal sesi kunjungan, para siswa dikenalkan dengan berbagai alat yang digunakan dalam proses pemetaan. Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi di Aula Utama BIG.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari program kunjungan industri sebagai penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Selain memberikan siswa pengetahuan langsung terkait pembuatan peta, kami juga berharap dapat berkolaborasi dengan BIG dalam bentuk magang guru dan siswa, serta praktik kerja industri di BIG,” ujar Ketua Program Studi Geospasial SMKN 2 Terbanggi Besar Fidiyati, dalam sambutannya di Aula BIG pada 2 September 2024.

Perwakilan Humas dan Kerja Sama, Agung Teguh Mandira, menyambut baik inisiatif tersebut dan berharap para siswa dapat memperoleh ilmu tambahan dari kegiatan ini. "Dalam kegiatan ini akan dipaparkan tugas dan fungsi BIG, pengetahuan tentang SIG dasar, serta pemetaan tematik. Semoga semua peserta dapat mengambil manfaat dan memperluas wawasan di bidang IG," kata Agung.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, BIG memiliki mandat untuk menyelenggarakan IG di Indonesia. Selain menyusun peta RBI, BIG juga melakukan pendampingan dalam penyelenggaraan IG Tematik di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Dalam hal berbagi pakai IG, BIG berperan sebagai pembina simpul jaringan IG dalam kerangka Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN).

Widyaiswara Alwidya Angga Safitri dari Pusat Pengembangan Kompetensi IG BIG menjelaskan tentang metode pengumpulan data spasial, manajemen dan penyimpanan data spasial, analisis spasial, serta aplikasi SIG di berbagai bidang. Sementara itu, Surveyor Pemetaan Madya, Nursugi, dari Biro Pemetaan Tematik, memaparkan bahwa selain peta dasar, BIG juga bertugas memberikan pendampingan kepada berbagai pihak dalam penyusunan peta tematik. (LNR/AFN)