Kamis, 12 September 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
Kepala BIG Hadiri Sidang Tahunan MPR dan Pidato Terakhir Presiden Jokowi

Jakarta, Berita Geospasial – Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai turut menghadiri Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) serta Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang digelar di Gedung DPR-MPR, Jakarta pada Jumat, 16 Agustus 2024. Kehadiran beliau menegaskan pentingnya peran BIG dalam mendukung kebijakan pemerintah melalui data dan Informasi Geospasial (IG) yang akurat dan relevan.

Pada acara ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan terakhirnya. Memimpin Indonesia selama 10 tahun, Presiden Jokowi mengakhiri pidatonya dengan permohonan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Sepuluh tahun bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengurai semua permasalahan bangsa. Saya sangat menyadari bahwa sebagai pribadi yang jauh dari kata sempurna, sebagai insan yang tumbuh dalam keterbatasan, dan sebagai manusia yang jauh dari kata istimewa, sangat mungkin ada yang luput dari pandangan saya. Sangat mungkin ada celah dari langkah-langkah yang saya ambil. Dan sangat mungkin banyak kealpaan dalam diri saya," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya persatuan dan kerja sama seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Ia berharap, meskipun pencapaian saat ini belum sepenuhnya tuntas, semangat gotong royong dan keberlanjutan akan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

“Saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045,” ucap Presiden.

Di akhir pidatonya, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ia akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024. Presiden Jokowi juga menitipkan harapan dan cita-cita seluruh rakyat Indonesia kepada Prabowo untuk diwujudkan dalam periode pemerintahan mendatang.

"Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa, dari pusat-pusat kota kepada Bapak. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan bagi bangsa Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto pada pemerintahan periode mendatang,” tutur Presiden.

Tahun ini beberapa Pegawai Berprestasi BIG mendapat kehormatan untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI atas undangan dari Sekretariat Jenderal DPR RI.


Selain perwakilan teladan BIG, hadir juga perwakilan teladan dari berbagai instansi dari seluruh Indonesia. Di tahun ini jumlahnya sekitar 500 orang, namun karena keterbatasan tempat, hanya 80 orang yang bisa masuk ke Gedung Paripurna. Sisanya menyaksikan acara dari Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV..

Sebagai informasi, pada hari yang sama juga disampaikan Pidato Presiden dalam rangka penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya. Pada kesempatan ini, Presiden menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi stabil dan kesejahteraan meningkat selama satu dekade terakhir. (NIN/MN/AAN)