Kamis, 12 September 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 12 September 2024   |   WIB
BIG Raih Penghargaan Sangat Baik Sistem Merit

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) menerima Piagam Penghargaan Menerapkan Sistem Merit dalam Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan kualitas SANGAT BAIK. Penghargaan ini diserahkan oleh Rudiarto Sumarwono selaku Komisioner Kelompok Kerja Pengawasan Pengisian Bidang Pengisian JPT Wilayah I KASN kepada Kepala BIG Muh Aris Marfai di kantor BIG pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Aris menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan kinerja yang sangat baik. “BIG baru saja melakukan reorganisasi, adanya penghargaan ini merupakan momen yang sangat istimewa. Ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran dalam melaksanakan reformasi birokrasi, khususnya dalam penerapan sistem merit dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi,” ungkapnya.

Sistem merit yang diterapkan bukan sekadar untuk memenuhi aturan, tetapi merupakan bentuk komitmen bersama untuk memastikan bahwa setiap posisi strategis diisi oleh individu yang kompeten, berintegritas, dan memiliki dedikasi tinggi terhadap tugas serta tanggung jawabnya.

Pada kesempatan yang sama, Rudiarto menyampaikan bahwa KASN telah melakukan pengukuran kualitas kinerja dalam pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah di Indonesia.

“Terdapat lima indikator besar yang dinilai dalam pelaksanaan kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yaitu Perencanaan Pengisian JPT; Pelaksanaan Pengisian JPT; Pelaporan Pengisian JPT; Inovasi Manajemen Pengisian JPT; dan Pelanggaran Pengisian JPT,” jelas Rudiarto.

Terkait penilaian tersebut, BIG mendapat nilai SANGAT BAIK dengan nilai 92,14 sehingga BIG berada pada peringkat pertama dalam pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di Indonesia Tahun 2023 tingkat Lembaga Pemerintah Non-Kementerian. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dari upaya dan dedikasi BIG dalam menerapkan prinsip-prinsip meritokrasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penempatan sumber daya manusia yang kompeten dan berintegritas.

"Penghargaan ini kita jadikan dorongan bagi kita semua untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan, serta memperkuat implementasi sistem merit di lingkungan BIG," pesan Aris. (SMN/MN/AR)