Selasa, 10 September 2024   |   WIB
id | en
Selasa, 10 September 2024   |   WIB
BIG Pamerkan Geoportal KSP 2.0 di InaRI Expo 2024

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasal (BIG) berpartisipasi dalam Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2024 yang berlangsung pada 8-11 Agustus 2024 di Cibinong, dengan memperkenalkan berbagai produk seperti: Geoportal Kebijakan Satu Peta (KSP) 2.0, Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-CORS), PetaKita, Sistem Informasi Monitoring Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional (SIMOJANG), E-Atlas, Digital Elevation Model Nasional (DEMNAS), dan Sistem Informasi Nama Rupabumi (SINAR).

“Harapannya melalui kontribusi BIG di InaRI Expo ini, dapat memperluas jangkauan layanan Informasi Geospasial (IG) dan produk BIG bagi kementerian/lembaga dan juga pemerintah daerah, yang nantinya BIG dapat memberikan literasi geospasial kepada seluruh pengunjung pameran,” ungkap Kepala Biro Perencanaan, Sumber Daya Manusia, dan Organisasi BIG, Akhmad Yulianto Basuki, yang ditemui pada pembukaan InaRI Expo 2024.

Ragam produk tersebut mendapat perhatian pengunjung yang cukup tinggi, dimana masing-masing produk memiliki keunggulan dan fungsi spesifik khusus yang menarik minat pengunjung dengan latar belakang berbeda. Ahmad juga menambahkan melalui partisipasi kegiatan seperti ini, ke depannya akan mampu meningkatkan literasi geospasial di Indonesia.

Berlangsung di Innovation Convention Center (ICC) Building, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, Cibinong, pameran yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini merupakan bagian dari perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-29.

"InaRI Expo tidak hanya berfungsi sebagai etalase untuk menunjukkan aktivitas riset dan inovasi dari para peneliti maupun akademisi, tetapi juga sebagai wadah untuk bertemu dan berinteraksi antara akademisi, peneliti, mahasiswa, serta pelaku usaha industri besar, kecil, mikro, dan menengah. Dengan demikian, kita dapat memberikan kontribusi terbaik dalam memanfaatkan hasil riset dan inovasi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan di industri maupun di berbagai daerah,” demikian disampaikan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko saat membuka pameran.

Mengangkat tema ‘Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju’, InaRI Expo 2024 menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi putra-putri terbaik bangsa. Acara ini juga menjadi ajang untuk berinteraksi antara akademisi, peneliti, mahasiswa, dan pelaku industri.

Antusiasme pengunjung terhadap stan BIG terlihat dari salah satu kesan pengunjung. Nurul Hidayatun, peneliti dari Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN mengungkapkan, “Booth BIG sangat bagus sekali. Saya menjadi tahu tentang KSP dan sangat mengapresiasi adanya KSP, karena akan memudahkan kami sebagai peneliti dan bermanfaat bagi masyarakat. Mungkin saya akan sering mengunjungi Geoportal KSP nantinya.”

Selama empat hari pelaksanaan, pameran ini tidak hanya menghadirkan hasil riset dari BRIN tetapi juga diikuti oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, badan usaha milik negara (BUMN), industri berbagai skala termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), asosiasi, serta organisasi internasional. Partisipasi aktif BIG dalam InaRI Expo 2024 ini menunjukkan komitmen BIG dalam mendukung semangat inovasi menuju Indonesia Emas 2045, terutama dalam bidang IG. (NAM/LR)