Sabtu, 07 September 2024   |   WIB
id | en
Sabtu, 07 September 2024   |   WIB
Kolaborasi BIG dan Kementerian ATR/BPN Kejar Capaian IGT

Jakarta, Berita Geospasial – Sebagai tindaklanjut dari Kick Off Meeting Geospatial Nusantara Roadshow (GNR) yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024 lalu, Badan Informasi Geospasial (BIG) melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka GNR ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ( Kemen-ATR/BPN) pada Jumat, 31 Mei 2024. Hadir dalam GNR ini Sekretaris Utama BIG Belinda Arunarwati Margono dan jajarannya. Melalui GNR ini diharapkan akan mendapat masukan terkait dengan isu strategis dalam penyelenggaraan IG nasional.

“BIG akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Informasi Geospasial (IG) 2024 pada 20 Juni 2024. Rakornas IG merupakan mandat dari Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2021 sebagai wadah koordinasi para pemangku kepentingan di bidang IG. Dari sekian banyak pemangku kepentingan, kita memilih delapan Kementerian/Lembaga (K/L) untuk kita datangi yang keterkaitannya sangat erat, termasuk yang memiliki IG tematik paling banyak, salah satunya adalah Kementerian ATR/BPN,” jelas Belinda dalam sambutannya.

Belinda menambahkan bahwa selain GNR ke K/L yang ada di Jakarta, BIG juga menyelenggarakan pertemuan dalam bentuk Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di daerah.

Kemudian dalam paparannya Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik (IGT) BIG Antonius Bambang Wijanarto, sekaligus Ketua Rakornas IG 2024 menyampaikan salah satu target dari kegiatan GNR ini adalah terkait penyusunan RPJMN IG 2025-2029.

“Saya harap kita bisa memperkuat koordinasi dan kerjasama antar instansi terkait data peta skala 1: 5.000, dan apa saja yang harus kami lakukan agar produsen K/L membangun peta tematik dalam skala besar juga,” tutur Anton.

Mendukung hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Survei Pengukuran dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Kemen-ATR/BPN, Virgo Eresta Jaya, menyampaikan bahwa Kemen-ATR/BPN akan selalu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan BIG. Virgo juga menawarkan dukungan sumber daya manusia dan data drone yang dimiliki Kemen-ATR/BPN untuk membantu BIG demi meningkatkan kolaborasi dan mewujudkan tujuan bersama.

Kepala Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG Lien Rosalina menyampaikan apresiasi kepada Kemen-ATR/BPN dalam rangka penyelenggaran IGT. Dimana sebelumnya masih banyak IGT yang belum terintegrasi, namun dalam satu sampai dua bulan ini hanya tinggal dua IGT yang belum terintegrasi. Lien berharap sebelum Rakornas sudah bisa terintegrasi semua. (MWB/LR)