Sabtu, 07 September 2024   |   WIB
id | en
Sabtu, 07 September 2024   |   WIB
BIG Kembali Raih Prestasi dalam Anugerah Pengawasan Kearsipan Tahun 2023

Samarinda, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) Tahun 2023 kembali meraih hasil yang membanggakan di ajang Penganugerahan Penghargaan Kearsipan yang digelar oleh Arsip Nasional Indonesia (ANRI). Kali ini, BIG memperoleh peringkat III atas hasil pengawasan kearsipan eksternal untuk kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dengan nilai 96,08 dan masuk kategori AA (sangat memuaskan).

Penetapan nilai hasil pengawasan eksternal terbaik tahun 2023 diumumkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto pada puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional ke-53 Tahun 2024 dan Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2024 dengan tema Sustainable Archiving for the Best Future (Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Terbaik) pada Rabu, 29 Mei 2024 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya, Imam Gunarto menyampaikan bahwa semua pihak harus menjamin program dan kegiatan kearsipan harus dijalankan secara terintegrasi, mulai dari perencanaan sampai pengawasan. Pengawasan sangat penting untuk evaluasi yang nantinya berguna untuk melihat kekurangan dan kemudian untuk memperbaiki berikutnya.

Target kearsipan untuk tahun 2025-2029 tentunya akan bergeser dan lebih diarahkan kepada Big Archive, yaitu ke arah pembangunan yang terkait dengan Big Data Kearsipan sebagai pusat khasanah dan pembelajaran bangsa secara digital. ”Sehingga peran arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa semakin meningkat untuk mengokohkan rasa kebangsaan, juga layanan kearsipan kepada masyarakat semakin meningkat dan massive,” paparnya.

Kepala Biro Umum dan Keuangan yang juga merupakan Kepala Unit Kearsipan BIG, Tito Setiawan, mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan wujud dari kerja sama semua unit kerja di BIG. “Ke depan, masih banyak tantangan yang harus kita hadapi dan mudah-mudahan di tahun selanjutnya BIG dapat meningkatkan pengawasan kearsipan di BIG menjadi lebih baik lagi,”ujar Tito.

Pada acara tersebut diumumkan dan diserahkan penghargaan Nilai Terbaik Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten/Kota, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi, dan Badan Usaha Milik Negara.

Sebagai informasi, pengawasan kearsipan tingkat pusat tahun 2023 dilaksanakan pada 86 Kementerian/Lembaga dan 10 Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan untuk pengawasan kearsipan tingkat daerah tahun 2023 dilaksanakan oleh ANRI sebanyak 34 Pemerintah Provinsi dan yang dilakukan oleh provinsi terhadap kabupaten/kota sebanyak 443 Kabupaten/Kota. (MSP/MN)