Sabtu, 07 September 2024   |   WIB
id | en
Sabtu, 07 September 2024   |   WIB
30 Mahasiswa Polinela Pelajari Penyelenggaraan IG di BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sebanyak 30 mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sumber Daya Lahan dan Lingkungan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) berkunjung ke Badan Informasi Geospasial (BIG). Mereka hendak mempelajari proses penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) yang merupakan tugas utama BIG.

“Mahasiswa kami mendapatkan materi tentang ilmu ukur tanah dan GIS (Geographic Information System). Karena itu, kami rasa tepat berkunjung ke BIG untuk belajar tentang penyelenggaraan IG, teknologi, serta implementasinya di dunia kerja,” kata Koordinator Prodi Teknik Sumber Daya Lahan dan Lingkungan Polinela I Gede Darma Putra saat memberikan sambutan di Gedung Diklat Geospasial BIG pada Selasa, 29 Mei 2024.

Hadir menerima kunjungan yaitu Pranata Humas BIG Agung Teguh Mandira. Ia menyambut niat baik rombongan dari Polinea dan berharap mahasiswa dapat memperoleh tambahan ilmu dari kegiatan ini.

“Akan dipaparkan tugas dan fungsi BIG, produk-produk IG yang dihasilkan, serta akan ada kunjungan ke stasiun pasang surut di BIG. Semoga semua bisa mendapatkan manfaat dan menambah pengetahuan bidang IG,” kata Agung.

Kunjungan yang dikemas dengan dialog santai ini selanjutnya diisi pemaparan mengenai tugas dan fungsi BIG. Dijelaskan bahwa BIG bertugas menyelenggarakan IG di Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

“Produk utama BIG adalah Peta Rupabumi Indonesia atau yang biasa disebut Peta RBI,” jelas Farrah Leovita Pangestu dari Pusat Penelitian, Promisi, dan Kerja Sama.

Selain menyusun peta RBI, lanjutnya, BIG juga melakukan pendampingan penyelenggaraan IG Tematik di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Dalam hal berbagipakai IG, BIG berperan sebagai pembina simpul jaringan IG dalam kerangka Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Sesi materi ditutup dengan pemutaran video tentang teknis akuisisi data batimetri. Selanjutnya, mahasiswa diajak melihat secara langsung stasiun pasang surut (pasut) yang ada di BIG untuk mempelajari cara kerjanya. (LNR/NIN)