Denpasar, Berita Geosapsial – Badan Informasi Geospasial (BIG) berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024. BIG meraih bronze winner untuk sektor lembaga, kategori `owned media`, sub kategori media cetak – Majalah Geospasial Indonesia VoL. X No. 1 terbitan Januari – April 2023.
Sekretaris Utama BIG Belinda Arunarwati Margono mengatakan, penghargaan ini menjadi barometer, sekaligus tantangan bagi kinerja hubungan masyarakat (Humas) BIG. Bahwa Humas BIG sebagai bagian dari praktisi PR harus lebih mantap, dan meningkatkan prestasi yang telah berhasil diraih.
“Saya juga ingin ini bisa menjadi salah satu kelengkapan, untuk kita menguatkan branding BIG,” ucap Belinda usai menerima penghargaan pada puncak acara PRIA 2024 di Denpasar, Bali, Kamis, 7 Maret 2024.
Sementara itu, Founder dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan menekankan peran krusial praktisi PR dalam membangun peradaban yang lebih baik. Menurutnya, praktisi PR bukan sekadar pencitraan, tapi komunikasi yang mampu menginspirasi dan membawa perubahan positif bagi masyarakat.
“Karena itu, PRIA 2024 mengusung tema inspiratif yaitu `Komunikasi yang Menginspirasi Peradaban`. Komunikasi harus mampu mendorong terciptanya peradaban bangsa, karena peradaban bangsa yang unggul menandakan adanya reputasi bangsa yang kuat,” tegasnya.
Menurut Asmono, PRIA 2024 bukan hanya tentang penghargaan, tapi juga kolaborasi, edukasi, dan inspirasi. Ia berharap ajang ini dapat menjadi wadah bagi para praktisi PR dan Humas untuk bertukar ide, meningkatkan kemampuan, dan bersama-sama membangun peradaban yang lebih baik melalui kekuatan komunikasi.
Sebagai informasi, PRIA merupakan kompetisi kehumasan yang diselenggarakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja kehumasan pemerintah dan badan publik, di lingkungan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), anak usaha BUMN, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Indonesia.
PR Indonesia menghadirkan 16 juri yang kompeten untuk penilaian. Penjurian berlangsung selama empat hari, pada 23-26 Januari 2024.
Tahun ini, PRIA menerima 699 karya dari 219 institusi. Karya tersebut terentang dalam berbagai kategori, yaitu Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Program PR, Departemen PR, dan Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR). (NIN/LR)