Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
HUT Korpri, Momentum Bangkitkan Semangat Persatuan

Cibinong, Berita Geospasial – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merupakan momentum istimewa untuk membangkitkan semangat persatuan, dedikasi, dan pengabdian sebagai bagian dari Aparatusr Sipil Negara (ASN). Peringatan ini sekaligus sebagai upaya meneguhkan Korpri sebagai Penguat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sesuai tema HUT ke-52 Korpri 2023, yaitu Korprikan Indonesia. Tema ini bermakna bahwa Korpri adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Tuannya adalah masyarakat, dan kita hadir untuk melayani masyarakat,” ungkap Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPKS) Badan Informasi Geospasial (BIG) Suprajaka saat bertindak sebagai pembina upacara memperingati Hari Korpri di lapangan BIG pada Rabu, 29 November 2023.

Diawali dengan pembacaan teks Panca Prasetya Korpri, Suprajaka kemudian menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota Korpri dan ASN atas semua program yang bermanfaat ke masyarakat luas. Menurutnya, semua program tersebut tidak akan terlaksana dengan baik, tanpa kerja yang optimal dari seluruh ASN.

“Dari keberhasilan Indonesia melewati Pandemi COVID-19 dengan baik, sehingga dipuji khalayak internasional, hingga program-program terobosan dan reformasi struktural yang telah berdampak positif ke masyarakat luas, adalah bagian dari kerja keras para ASN,” ucap Suparajaka saat membacakan sambutan ketua umum dewan pengurus Korpri.

Upacara hari itu kemudian ditutup dengan menyanyikan Mars KORPRI dan pembacaan doa. Upacara diikuti dengan khidmat oleh seluruh warga BIG.

Sebagai informasi, di Indonesia tanggal 29 November dikenal sebagai Hari Korpri. Korpri sendiri berdiri pada 29 November 1971 sesuai dengan Keppres Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korpri.

Awal mula, Korpri dibentuk untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun, sejak reformasi Korpri berubah menjadi organisasi netral yang tidak berpihak terhadap partai politik tertentu. (NIN/LR)