Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
BIG Dorong Peningkatan Kualitas dan Kapabilitas Surveyor melalui FIT ISI 2023

Bandar Lampung, Berita Geospasial – Ratusan surveyor, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, berkumpul dalam acara Forum Ilmiah Tahunan Ikatan Surveyor Indonesia (FIT ISI) 2023 yang diadakan di Kota Bandar Lampung, Lampung, pada tanggal 29-30 November 2023.

FIT ISI 2023 mengusung tema 'Advance Geospatial Technology to Improve Land Management' dan diselenggarakan oleh Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) bekerjasama dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan Universitas Lampung (UNILA).

Kepala Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial Sumaryono, yang hadir mewakili Badan Informasi Geospasial (BIG), menambahkan bahwa BIG sangat mendukung pelaksanaan FIT ISI 2023. Menyadari pentingnya informasi geospasial seiring dengan kemajuan teknologi, ia menyatakan harapannya agar para surveyor dapat memiliki kualitas dan kapabilitas tinggi. Hal ini memungkinkan surveyor untuk dapat menyajikan informasi geospasial nasional dengan kredibilitas, akurasi, kelengkapan, dan kepercayaan yang tinggi.

"Sehingga perlu dimengerti bahwa informasi geospasial sangat penting bagi surveyor dan merupakan dasar informasi yang tidak bisa ditinggalkan. Di sinilah pentingnya BIG untuk terus mendampingi tenaga profesionalnya, agar dapat menyampaikan kebenaran data dan bekerja cepat," imbuh Sumaryono.

Penyelenggaraan FIT ISI 2023 diisi dengan kegiatan seminar dan pameran. BIG bersama dengan Kementerian ATR/BPN dan beberapa perusahaan swasta yang bergerak di bidang geospasial berpartisipasi dalam pameran ini. Materi yang ditampilkan pada stan BIG adalah terkait sertifikasi sumber daya manusia di bidang Informasi Geospasial (BIG), percepatan peta dasar skala besar, dukungan BIG untuk nusantara, dan infrastruktur data spasial nasional. Harapannya, masyarakat dapat mengenal dan mengetahui kegiatan serta produk yang dihasilkan oleh BIG serta sekaligus dapat meningkatkan geoliterasi masyarakat. (RP/MN)