Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
Persiapan Peserta Seleksi PPPK BIG, Belajar dari YouTube Hingga Ikut Bimbel

Jakarta, Berita Geospasial - Sebanyak 145 peserta mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 Badan Informasi Geospasial (BIG) yang dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Cililitan. Berbagai persiapan dilakukan peserta untuk dapat lolos pada tahapan seleksi kompetensi yang dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

Novia Ersantia Anggun, salah satu peserta tes, mengaku mempersiapkan diri dengan belajar dari YouTube. “Kebetulan jabatan yang saya ambil sama dengan tahun lalu, jadi ada beberapa materi yang sudah saya catat tinggal dibaca ulang,” kata gadis yang mendaftar sebagai Analis Sumber Daya Manusia Aparatur yang ditemui sebelum tes pada Minggu, 26 November 2023.

Berbeda dengan persiapan yang dilakukan Aditya Pertama. Ia bahkan mengikuti bimbingan belajar secara daring demi dapat lolos seleksi PPPK.

“Saya mengambil paket mandiri dan belajar sendiri di rumah,” tutur Aditya.

Aditya memilih bimbingan daring karena dirinya saat ini masih bekerja. Di sela-sela kesibukannya bekerja, dia meluangkan waktu untuk mengasah diri dengan Latihan soal. “Baru dua hari terakhir ini saya bisa belajar secara intensif,” imbuhnya.

Tahapan seleksi PPPK di BIG sudah dimulai sejak Oktober. Pada pelaksanaan seleksi kompetensi, BIG bekerja sama dengan BKN.

“BIG di 2023 mendapatkan 122 formasi PPPK, dari usulan 170 formasi. Tahun ini BIG tidak mendapatkan formasi PNS, karena formasi PNS hanya untuk kebutuhan tertentu, seperti tenaga kesehatan, guru, dan dosen,” jelas Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum (Kabiro PKH) BIG Akhmad Yulianto Basuki yang turut hadir pada pelaksanaan seleksi kompetensi.

Seluruh PPPK yang diterima, nantinya langsung menduduki jabatan fungsional sesuai dengan kualifikasi, Pendidikan, dan kompetensi yang dimiliki. “Semoga seleksi ini dapat menghasilkan PPPK yang memenuhi kebutuhan kompetensi sumber daya manusia BIG, baik secara individu maupun organisasi,” harap Akhmad.

Sebagai informasi, total bobot hasil seleksi kompetensi dengan metodet CAT sebesar 70 persen. Sedangkan, hasil seleksi kompetensi teknis tambahan berupa psikotes dan wawancara dengan asesor sebesar 30 persen. Hingga saat ini, pelaksanaan seleksi kompetensi teknis tambahan masih menunggu pengumuman resmi dari BKN. (LR/NIN)