Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
BIG Tambah 28 Stasiun Pasut Baru

Palue, Berita Geospasial - Tahun 2023 ini, Badan Informasi Geospasial (BIG) menambah 28 stasiun pasang surut di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah di Pelabuhan Palue di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Keberadaan stasiun pasang surut ini merupakan bagian dari program peringatan dini tsunami /Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) sebagai upaya mitigasi bencana alam di Indonesia.

Tim Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika (PJKGG) BIG melakukan survei supervisi instalasi stasiun pasang surut InaTEWS di Pelabuhan Palue pada 20-23 November 2023. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan pekerjaan instalasi dilaksanakan sesuai standar.

"Pekerjaan supervisi yang dilaksanakan tim kali ini meliputi pengukuran leveling, pengamatan GNSS, kalibrasi sensor, dan supervisi instalasi sistem pasang surut," ujar surveyor pemetaan BIG Rizqie Anarullah.

Ridho Ilahi, Surveyor Pemetaan BIG yang melakukan pengecekan pemasangan set sistem pasang surut menambahkan bahwa pekerjaan instalasi stasiun pasang surut InaTEWS Palue telah dilakukan sesuai standar yang telah disepakati.

Rampungnya pembangunan dan instalasi stasiun pasang surut tahun 2023 menambah jumlah stasiun pasang surut yang dikelola BIG dari 237 stasiun menjadi 265 stasiun pasang surut yang tersebar di seluruh Indonesia. Persebaran stasiun pasang surut yang dikelola BIG dapat diakses pada srgi.big.go.id/tides/ (ATM/MN)