Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
`Jogo Jagad` Disetujui Jadi Nama Gunung Bawah Laut di Selatan Jawa

Wollongong, Berita Geospasial – Penelaahan proposal nama rupa bumi bawah laut tingkat internasional telah dilaksanakan di Wollongong, New South Wales, Australia pada 6–10 November 2023. Kegiatan ini membahas proposal jenis fitur dan penamaannya dari berbagai negara.

Kegiatan ini dihelat Sub-Committee on Undersea Features Names (SCUFN), subkomite di bawah General Bathymetric Chart of the Oceans (GEBCO) yang beranggotakan perwakilan International Hydrographic Organization (IHO) dan Intergovernmental Oceanographic Commission (IOC) United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) hadir sebagai representasi Indonesia, sekaligus menyampaikan proposal unsur bawah lautnya.


Gambar 1. Member dan observer di sidang SCUFN 36th

Sidang ke-36 SCUFN ini adalah kali pertama diikuti oleh BIG, sekaligus sebagai implementasi PP Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi, khususnya untuk berperan aktif dalam agenda internasional. BIG selaku National Name Authority (NNA) dan Pushidrosal sebagai anggota SCUFN hadir untuk mengikuti jalannya proses penelaahan proposal.

Indonesia mengirimkan 44 proposal unsur bawah laut, yang terdiri dari unsur gunung bawah laut (seamount), karang (reefs), puncak bawah laut (peak), bukit bawah laut (hill), celah bawah laut (gap), ngarai bawah laut (canyon), bank (bank), cekungan bawah laut (basin), rangkaian gunung bawah laut (seamount chain), apron (Apron), serta lereng kontinen (slope).


Gambar 2. Proses verifikasi gunung bawah laut “Jogo Jagad”

Salah satu hasil keputusan sidang ke-36 SCUFN adalah disetujuinya nama gunung bawah laut `Jogo Jagad` yang terletak di perairan selatan Jawa. Gunung ini merupakan hasil survei tim Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP) BIG pada 2022.

Sebagai informasi, sidang ke-36 SCUFN dihadiri seluruh anggota dari 12 negara yang mewakili seluruh benua. Negara yang hadir, yaitu Australia, Brazil, China, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Kenya, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Hadir pula sekretaris SCUFN dari IHO Perancis. (AKD/FTM/NIN)