Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
id | en
Kamis, 22 Februari 2024   |   WIB
BIG Raih Apresiasi “Best Data and AI Technology Bidang Jaringan Geospasial”

Jakarta, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) meraih penghargaan “Best Data and AI Technology Bidang Jaringan Geospasial” dari Asosiasi Big Data dan Artificial Intelligence (ABDI) pada acara Data Gov AI eSummit & eAwards 2023 di Jakarta Convention Center pada Rabu (22/11/2023). Kepala BIG Muh Aris Marfai hadir menerima penghargaan dan mengungkapkan dalam pidatonya bahwa BIG telah berhasil menghubungkan sebanyak 379 simpul jaringan di seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kami di BIG membina simpul jaringan pengelolaan unit Informasi Geospasial (IG) di seluruh Kementerian, Pemerintah Daerah Provinsi, maupun Kabupaten dan Kota dan lembaga, dan saat ini sudah terkoneksi 379 simpul dari sekitar 500 target Kita. Harapannya pada tahun 2024 dan 2025 kita bisa mengintegrasikan data spasial di seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah agar bisa diberbagi pakai bersama,” kata Aris.

Lebih lanjut, Aris juga menyatakan pentingnya peran Artificial Intelligence (AI) dalam bidang IG.

“Ke depan, BIG Data Geospasial ini tentulah sangat penting sekali, dan kita perlu melakukan penataan manajemen tata kelola data yang lebih baik lagi, dan di situlah sebenarnya peran Artificial Intelligence dan juga peran dari arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik nasional yang saat ini sedang kita kembangkan” jelasnya.

Senada, Ketua umum ABDI Rudi Rusdiah dalam sambutannya juga mengatakan bahwa algoritma kebangsaan menjadi sangat penting. Terutama untuk meredam algoritma sosial media yang dapat meningkatkan polarisasi dan perpecahan. Apalagi menuju pesta demokrasi yang akan diselenggarakan tahun 2024.

Adapun acara DataGovAI 2023 ini diselenggarakan pada tanggal 22, 24 & 28 November 2023. Selain pemberian penghargaan DataGovAI 2023, ABDI juga meluncurkan bukunya yang ke-6 berjudul “Revolution in Data Science, AI & Cyber Security in Connected World” yang melibatkan lebih dari 45 penulis, author & co-author dari regulator, industri akademisi di Indonesia, Amerika Serikat, Tiongkok, India dan Nepal.

Acara Data Gov AI eSummit & eAwards 2023 ini dihadiri juga oleh Wamen Parekraf Angela Herliani Tanoesoedibjo, Pejabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrullah, Rektor Universitas Pertahanan Jonni Mahroza, Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara Tjahjo Khurniawan, Direktur Kebijakan Tata Kelola Keamanan Siber dan Sandi BSSN Nunil Pantjawati, dan Direktur ICT Strategy & Business Huawei Indonesia Mohamad Rosidi. (FP/LR)