Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
id | en
Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
Mahasiswa HIMAIKA FPIK UNPAD Kunjungi BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sebanyak 40 mahasiswa Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMAIKA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran (Unpad) mengunjungi Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Senin, 2 Oktober 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan para mahasiswa mengenai Informasi Geospasial (IG) sekaligus untuk menjalin silaturahmi.

Ketua HIMAIKA Unpad Muhammad Bahrul Anwari menyampaikan apresiasi atas penerimaan yang hangat dari BIG. “Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja pertama kami ke BIG. Harapannya, kami bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat dan belum pernah didapatkan di perkuliahan, serta mendapatkan informasi terkait program magang dan dunia kerja secara umum,” lanjut Anwari.

Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama Suprajaka menyambut baik kunjungan ini dan menyampaikan bahwa BIG membutuhkan generasi muda yang unggul dalam penyelenggaraan IG.

“Jika ingin berkarier di bidang geospasial, penting untuk memperkuat pengetahuan dasar di bidang kelautan. Selain itu, perlu juga mempelajari keterampilan informasi geospasial, seperti pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pengamanan, dan penggunaan data geospasial. Tidak perlu menjadi ahli dalam membuat peta, tetapi ilmu kelautan dapat dituangkan dalam peta untuk kemudian disebarluaskan,” ungkap

Pada kunjungan tersebut, para mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai pemetaan dasar, kelautan dan lingkungan pantai, serta Sistem Informasi Geografi (SIG) dari berbagai narasumber. Mereka juga berkesempatan untuk melihat langsung fasilitas dan peralatan Media Uji Stasiun Pasang Surut Pusat Pemetaan Jaring Kontrol, Geodesi, dan Geodinamika BIG.

Kunjungan mahasiswa ini sejalan dengan komitmen BIG untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang geospasial melalui berbagai kegiatan, termasuk kunjungan mahasiswa. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara BIG dengan perguruan tinggi. (IP/MN)