Minggu, 24 November 2024   |   WIB
id | en
Minggu, 24 November 2024   |   WIB
“Orientasi dan Komitmen Pelayanan Harus Menjadi Kunci”

Cibinong, Berita Geospasial - Kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan Informasi Geospasial (IG) semakin meningkat beberapa tahun terakhir. Badan Informasi Geospasial (BIG) pun menjadi tumpuan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah dalam penyelesaian berbagai permasalahan terkait IG.

“BIG selalu diajak dan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan untuk membantu mensukseskan program pemerintah,” ujar Kepala BIG Muh Aris Marfai saat memberikan arahan pada `Evaluasi Kinerja 2022 dan Penyiapan Kegiatan Kerja Sama, Layanan Jasa, Produk, dan Layanan Pelatihan 2023` di Aula BIG pada Senin, 31 Januari 2023.

Aris menyebutkan beberapa kementerian dan lembaga yang melibatkan BIG, di antaranya Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memetakan daerah pemilihan; Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengenai audit sektor sawit di Indonesia; Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait stunting; serta Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Satu Data Indonesia (SDI).

Menurut Aris, peran Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPKS) BIG ke depan akan semakin vital. Pusat PPKS harus mampu memberikan pelayanan kepada pengguna data terkait Infromasi Geospasial Dasar (IGD) dan Informasi Geospasial Tematik (IGT).

“Adaptasi dari kondisi pandemi ke pascapandemi akan berdampak pada pekerjaan yang semakin banyak. Perlu melakukan konsolidasi, baik ke internal maupun eksternal. Orientasi dan komitmen pelayanan harus menjadi kunci. Berbagai permasalahan dan tantangan yang ditemui harus dicarikan solusi dan difasilitasi agar pelayanan menjadi lebih baik,” tegas Aris.

Pada kesempatan ini, aris juga berpesan agar seluruh staf di Pusat PPKS mampu bekerja bersama sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Sementara itu, Kepala Pusat PPKS Suprajaka berharap di 2023 mampu mempertahankan nilai evaluasi Keterbukaan Informasi Publik dan Evaluasi Unit Pelayanan Publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Sebagai informasi, capaian kinerja Pusat PPKS di 2022 berhasil mendapatkan surveilance ISO 9001 dan ISO 37001. Survei Consumer Enggagement Index memperoleh nilai 2,99 dan Balai Diklat sudah menerapkan e-learning.

Selain itu, publikasi untuk meningkatkan literasi IG mengalami peningkatan yang konsisten. Sedangkan, hasil survei Brand Awareness mendapatkan nilai 3,43. (TN/NIN)