Selasa, 26 November 2024   |   WIB
id | en
Selasa, 26 November 2024   |   WIB
Jaga Kualitas Layanan, BIG Laksanakan kembali Audit Surveillance ISO 9001:2015


Berangkat dari komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pengguna data geospasial Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali melakukan Audit Surveillance Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu pada Senin, 5 Oktober 2020.

Audit Surveillance Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dilaksanakan rutin setiap tahun untuk menjaga standar pelayanan tetap berkualitas. Selain itu Audit Surveillance dilaksanakan untuk menjamin kepercayaan publik terhadap berbagai jenis layanan dan jasa yang diberikan BIG.

“Ini adalah wujud komitmen kami dalam melaksanakan pelayanan publik yang standar dan berkualitas,” ujar Kepala Balai Layanan Jasa dan Produk Geospasial, Theresia Retno Wulan.

Sementara itu Suprajaka, Kepala Pusat Penelitian Promosi, dan Kerja Sama, menyatakan bahwa penerapan ISO 9001:2015 bertujuan untuk menjamin pelayanan prima kepada publik.

“Dalam mendukung penerapan ISO tersebut, BIG telah melakukan berbagai bentuk inovasi di bidang pelayanan, baik yang bersifat luring ataupun daring.Beberapa layanan tersebut digagas untuk mendukung ide besar adanya pelayanan informasi geospasial satu pintu, yang mudah diakses dan cepat,” tutur Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama Suprajaka.

Pelaksanaan Audit Surveillance ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu di BIG tahun ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan audit di tahun sebelumnya. Pada masa adaptasi kebiasaan baru, audit dilaksanakan secara daring. Sucofindo International Certification Services selaku auditor tetap menjalankan prosedur yang ketat.

Sebagai catatan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu merupakan standar yang menetapkan persyaratan sistem manajemen mutu dalam sebuah organisasi untuk menyediakan produk dan jasa yang memenuhi persyaratan pelanggan.

BIG pertama kali mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 pada 2018. ISO 9001:2015 dipakai sebagai standar untuk ketepatan dan kecepatan pelayanan sehingga layanan di Badan Informasi Geospasial sesuai dengan motonya: cepat, tepat dan akurat.

ISO 9001: 2015 merupakan pembaruan dari ISO 9001:2008. Sertifikasi diberikan kepada perusahaan atau organisasi yang melakukan peningkatan berkelanjutan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. (NH/DA/MAD)