Jumat, 08 November 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 08 November 2024   |   WIB
Evaluasi Pelayanan BIG 2020 : Berusaha Tetap Optimal Saat Pandemi

Cibinong, Berita Geospasial – Saat ini pemerintah pusat tengah gencar menata evaluasi layanan pada lembaga negara, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan transparansi birokrasi.

Badan Informasi Geospasial (BIG) termasuk kedalam lembaga yang sedang melakukan percepatan peningkatan kualitas, hal itu tercermin dalam kegiatan Evaluasi Pelayanan Publik BIG Tahun 2020 yang dilaksanakan Selasa (15/09).

Salah satu yang menjadi “PR” lembaga pemetaan nasional tersebut ialah peningkatan sarana, prasarana dan publikasi pelayanan di sosial media.

“Beberapa catatan dari kami, adalah peningkatan sarana prasarana yang harus terus ditingkatkan, selain itu perlu publikasi yang lebih kontiniu lagi agar pelayanan BIG dikettahui masyarakat” ungkap tim evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sementara itu Sekretaris Utama BIG Muhtadi Ganda Sutrisna yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, bahwa layanan BIG terus mengalami laju perubahan yang cukup signifikan salah satu nya dengan diaraihnya predikat “Sangat Baik” oleh Balai Layanan Jasa dan Produk Geospasial dalam kategori pelayanan publik tahun 2019 lalu.

“Kami akan terus melakukan peningkatan layanan publik, target kami saat ini adalah mendapat predikat pelayanan publik lebih baik dari tahun lalu” ujar Ganda.

Pada tahun 2020 Pelayanan Badan Informasi Geospasial, telah melakukan beberapa transformasi dan reformasi seperti metode pembayaran non tunai (cashless), Inovasi percepatan waktu pelayanan melalui aplikasi, melakukan briefing pagi secara rutin hingga pelayanan terpadu satu pintu.

Dalam masa pandemi COVID-19 saat ini pelayanan di BIG pun tetap terus berjalan salah satunya dengan menggunakan pelayanan daring baik melalui surel (email) maupun sosial media.

Pelayanan lembaga pemerintahan yang selama ini identik dengan proses yang lama hingga indikasi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) perlahan sudah mulai berubah, meskipun menghadapi tantangan yang cukup panjang, namun semangat untuk memberikan pelayanan yang baik dan bersih tetap menjadi komitmen para Apaaratur Negara Badan Informasi Geospasial (BIG). (/AR)