Selasa, 26 November 2024   |   WIB
id | en
Selasa, 26 November 2024   |   WIB
BIG kembali Gelar Lomba Gambar Peta Untuk Anak

Lomba Gambar Peta Untuk Anak kembali digelar oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) melalui kegiatan di Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama. Lomba ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang informasi geospasial khususnya peta, dan meningkatkan kecerdasan spasial anak sejak dini. Lomba Gambar Peta untuk Anak (LGPA) dilaksanakan oleh BIG setiap tahun dengan pembagian pada tahun genap untuk lomba tingkat regional dan tahun ganjil untuk lomba tingkat internasional. Pada tahun 2016 ini Lomba Gambar Peta untuk Anak dilaksnakan di wilayah regional Jawa Tengah dengan mengambil tempat pelaksanaan lomba di Semarang, bekerjasama dengan Universitas Diponegoro.

LGPA tahun 2016 dilaksanakan oleh BIG bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) serta UPT Terpadu, Universitas Diponegoro. LGPA 2016 dilaksanakan di Auditorium FPIK Universitas Diponegoro, Semarang pada Minggu, 10 April 2016 diikuti oleh 231 peserta dari 253 pendaftar. Tema LGPA 2016 adalah “Bumiku di Masa Kini”, sesuai dengan tema lomba gambar peta untuk anak tingkat internasional tahun 2015 yang memperebutkan “Barbara Patchenik Award”. LGPA 2016 adalah lomba gambar peta untuk anak tingkat regional yang dibagi dalam 4 kelompok yaitu:

Kelompok A : PAUD – TK (mewarnai), sebanyak 74 anak
Kelompok B : SD Kelas 1 – Kelas 3 (menggambar), sebanyak 98 anak
Kelompok C : SD Kelas 4 – Kelas 6 (menggambar), sebanyak 54 anak
Kelompok B : SMP (menggambar), sebanyak 31 anak

LGPA 2016 dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama, Dr. Wiwin Ambarwulan. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa lomba ini dimaksudkan untuk mengenalkan tentang informasi geospasial khususnya peta kepada anak-anak sejak dini. Selain itu juga untuk memberikan pengalaman bersosialisasi dan berkompetisi kepada anak-anak. Sementara itu, dari Unpversitas Diponegoro hadir Dr.rer.nat Anto Budihardjo mewakili Wakil Rektor I Universitas Diponegoro. Dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada BIG yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Diponegoro berkerjasama menyelenggarakan acara lomba gambar ini.

Kegiatan ini merupakan pengalaman berharga bagi Universitas Diponegoro, khususnya kepada seluruh panitia yang berasal dari mahasiswa dan staf UNDIP yang terlibat dalam kegiatan ini dalam penyelenggaraan kegiatan yang belum pernah dilaksanakan di kampus. Kegiatan ini merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi terutama untuk pengabdian kepada masyarakat.

Penjurian lomba gambar dilaksanakan pada hari yang sama, oleh tim juri yang terdiri dari Diah Kirana, MSc (Universitas Pakuan), F. Wahyutomo, SH (BIG), Dr. Ing. E. Pradipto (UGM), Dr. Suwarno (ISI Yogyakarta) dan Prof. Dr. Agus Hartoko (UNDIP), yang bertindak selaku ketua Dewan Juri. Hasil penjurian menetapkan pemenang untuk setiap kelompok sebagai berikut:

Kelompok A
Juara 1 : Yoga Tantra, dari TK Martinus
Juara 2 : Fulvian Daffa Aptancya N, dari TK RA Istiqomah Ungaran
Juara 3 : Carell Alberth Adi Nugroho, dari TK Gratia
Harapan 1 : Naura Khalisa Zabrina, TKIT Hydayatullah Banyumanik Semarang

Kelompok B
Juara 1 : Farah Putri Fathimah Hidayanto, SD Tlogosari Kulon 4 Semarang
Juara 2 : Irfan Hertanu Wijaya, SD Karangturi Semarang
Juara 3 : Muhammad Faiz, SD Islam Istiqomah Ungaran
Harapan 1 : Salma Nadhiroh, SD Pedurungan Tengah 2 Semarang

Kelompok C
Juara 1 : Alya Rizky S., SDIT Tunas Harapan
Juara 2 : Cahya Heningtyas Regina, SD Kalinegoro 5
Juara 3 : Kimberly Chrisbelle Singgih, SD Kanisius Jepara
Harapan 1 : Febionetta Probowati, SDN Tambak Aji 4 Ngaliyan Semarang

Kelompok D
Juara 1 : Dian Putri Anggreini, SMPN 3 Semarang
Juara 2 : FF. Risqiawan, SMPN 3 Semarang
Juara 3 : Dealis Sabilla Huda, SMP 14 Semarang
Harapan 1 : Sherly Silvia N, SMPN 27 Semarang

Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, peralatan sekolah, trofi, dan sertifikat. Selamat kepada para juara dan juga seluruh peserta, semoga dapat terus mengembangkan diri dengan mengenal dan memanfaatkan informasi geospasial.(SH)