Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
en | id
Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
Tinggi Peminat, PMI Pulang Tanpa Kantong Darah Kosong dari BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan beragam kegiatan untuk menyambut Hari Informasi Geospasial (HIG) sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) BIG ke-55. Salah satu program rutin yang selalu dilaksanakan adalah donor darah. Pada Kamis, 17 Oktober 2024, kegiatan donor darah ini digelar di Pelayanan Terpadu Informasi Geospasial (PTIG) BIG.

“Donor darah ini bertujuan untuk memfasilitasi teman-teman yang ingin mendonorkan darahnya. Kami menyediakan tempat dan sarana agar Palang Merah Indonesia (PMI) dapat mengumpulkan pendonor secara massal. Tujuannya lebih ke arah kegiatan sosial,” jelas Suryanto, penanggung jawab kegiatan donor darah.

Suryanto melaporkan bahwa sebanyak 166 orang telah mendaftar, namun yang melakukan daftar ulang berjumlah 120 orang. Peserta donor berasal dari internal BIG dan undangan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), serta terbuka untuk umum.

“Untuk kegiatan hari ini, kami bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Bogor. Proses pengambilan darah dimulai dengan pendaftaran, baik secara daring maupun luring, kemudian daftar ulang saat pengambilan darah, pemeriksaan kesehatan/screening, verifikasi formulir oleh petugas PMI, dan akhirnya pengambilan darah. Peserta yang berhasil mendonorkan darah akan menerima suvenir dan bingkisan dari PMI,” ungkap Suryanto.

Dari 120 orang yang mendaftar ulang, sebanyak 82 orang lolos proses screening. PMI berhasil mengumpulkan 80 kantong darah, sementara dua peserta tidak dapat diambil darahnya. Suryanto berharap kegiatan donor darah ini bisa rutin diadakan di BIG setiap tiga bulan sekali, tidak hanya saat HIG, mengingat sudah adanya komunitas relawan darah di BIG dan tingginya minat pegawai untuk mendonorkan darah.

“Donor darah sangat bermanfaat untuk kesehatan, walaupun hanya menyumbang darah. Saya selalu berusaha ikut setiap tahun. Setelah donor, badan terasa lebih segar, lebih enak, dan lebih fresh,” ujar Budi Parjanto dari Pusat Pengembangan Kompetensi Informasi Geospasial (PPKIG) BIG.

Noor Asyhadi dari Biro Perencanaan, Sumber Daya Manusia dan Organisasi (PSDMO) BIG juga berbagi pengalamannya. “Saya rutin berusaha ikut donor setiap tahun. Tahun lalu tidak bisa, mudah-mudahan tahun ini lolos screening. Setelah donor, badan jadi lebih ringan, dan kita juga mendapatkan bingkisan. Harapannya ke depan, pimpinan BIG juga bisa ikut donor darah bersama-sama,” kata Noor.

Antusiasme peserta membuat kegiatan donor darah berjalan lancar dan ramai. Semua kantong darah yang dibawa UTD PMI Kabupaten Bogor terisi, menunjukkan tingginya minat warga BIG dalam kegiatan ini. (LR/AFN)