Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
en | id
Senin, 21 Oktober 2024   |   WIB
Deputi IGT: Tiga Tugas Besar BIG untuk IG Andal Menuju Indonesia Emas

Cibinong, Berita Geospasial – Upacara peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) pada 17 Oktober 2024 menandai resminya Badan Informasi Geospasial (BIG) memasuki masa puncak peringatan HIG hingga tampuk acara pada 22 Oktober 2024. Mengusung tema 'IG Andal untuk Indonesia Emas', upacara peringatan ini dihadiri oleh kurang lebih 200 pegawai BIG.

Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik BIG Antonius Bambang Wijanarto bertindak sebagai pembina upacara. Anton mengungkapkan bahwa lebih dari lima dekade, BIG telah menjalankan perannya dengan luar biasa dalam mendukung pembangunan nasional melalui penyediaan data dan Informasi Geospasial (IG).

“Peta dan data yang kita hasilkan menjadi fondasi utama bagi perencanaan pembangunan yang efektif dan akurat. Namun, meskipun banyak yang telah kita capai, masih ada tugas-tugas besar yang perlu kita selesaikan demi menjawab tantangan dan kebutuhan bangsa ini. Beberapa tugas penting yang harus segera kita selesaikan bersama, yaitu percepatan penyusunan peta dasar skala besar, pembangunan ekosistem geospasial nasional, dan peningkatan industri geospasial di Indonesia,” tuturnya.

Anton meneruskan, saat ini, kebutuhan peta dasar skala besar sangat mendesak, terutama dalam mendukung berbagai program strategis nasional seperti pembangunan infrastruktur, tata ruang, serta mitigasi bencana. BIG harus bergerak lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan peta dasar skala besar, dengan mengoptimalkan kolaborasi dan penggunaan teknologi terkini.

“Selain itu, BIG harus menjadi motor penggerak dalam membangun ekosistem yang mendukung penggunaan dan integrasi data dan IG di berbagai sektor. Sehingga data geospasial dapat digunakan secara maksimal untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di seluruh Indonesia,” papar Anton.

Selanjutnya untuk mendorong pertumbuhan industri geospasial yang potensial di masa depan, BIG berperan aktif dalam kolaborasi dengan industri, perguruan tinggi, serta lembaga riset. Hal ini dilakukan sebagai upaya mempercepat perkembangan inovasi teknologi geospasial.

“Tak lupa mari kita perkuat komitmen untuk terus meningkatkan kualitas SDM IG melalui pengembangan kompetensi. BIG-CorpU merupakan suatu strategi BIG dalam pengembangan kompetensi SDM untuk mencapai visi misi BIG,” jelas Anton.

Sementara Plt. Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BIG, Mone Iye Cornelia Marschiavelli, menyampaikan harapannya agar peringatan HIG 2024 dapat semakin memperluas awareness masyarakat dan pemanfaatan data geospasial. “Dengan teknologi pemetaan yang semakin canggih, BIG siap mendukung kebijakan yang lebih presisi, mendorong literasi geospasial di kalangan milenial, dan berkontribusi langsung pada isu-isu besar nasional,” ujarnya.

Mone menilai bahwa rangkaian acara HIG 2024, seperti pertandingan olahraga fun games, open house, dan kegiatan sosial tidak hanya menghibur tetapi juga memperkuat semangat kebersamaan dan kolaborasi antarunit kerja. Ia berharap acara seperti ini menjadi agenda tahunan BIG, bahkan dengan skala yang lebih besar. (LR/IP)