Selasa, 15 Oktober 2024   |   WIB
en | id
Selasa, 15 Oktober 2024   |   WIB
BIG dan Universitas Pattimura Jalin Kerja Sama Kembangkan IPTEK Geospasial

Cibinong, Berita Geospasial – Universitas Pattimura resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Rabu, 9 Oktober 2024. Acara ini berlangsung di Kantor BIG, Cibinong, dengan tujuan memperluas pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang informasi geospasial (IG). SDM di sektor ini sangat dibutuhkan guna mendukung keberlanjutan data dan informasi geospasial.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Pieter Th. Berhitu, menjelaskan bahwa seluruh fakultas dan program studi di Universitas Pattimura didorong untuk berkolaborasi dengan instansi terkait sebagai bagian dari indikator kinerja yang dievaluasi oleh pimpinan Universitas secara berkala.

"Perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu indikator kinerja utama Universitas Pattimura. Kami berharap kerja sama ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan magang di BIG dan berpartisipasi membantu pemerintah daerah dalam perencanaan tata ruang wilayah," jelas Pieter.

Sejalan dengan hal tersebut, Plt. Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BIG, Mone Iye Cornelia Marschiavelli, menambahkan bahwa kerja sama ini juga mendukung pencapaian indikator kinerja BIG di bidang kerja sama. "BIG siap menerima mahasiswa magang, terutama melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kami membutuhkan SDM yang siap langsung terjun dalam kegiatan operasional BIG," ujarnya.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM geospasial melalui penyusunan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, program magang, serta publikasi dan diseminasi hasil kajian bersama, yang memberikan manfaat besar di masa mendatang. BIG siap mendukung program-program yang dilaksanakan perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitas SDM serta pengelolaan dan pemanfaatan teknologi geospasial. (NAM/IP)