Jumat, 04 Oktober 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 04 Oktober 2024   |   WIB
Badan Informasi Geospasial Rayakan Hari Kesaktian Pancasila 2024: Bersama Wujudkan Indonesia Emas

Bogor, Berita Geospasial – Pada 1 Oktober 2024, Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lapangan BIG, Cibinong, Bogor. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BIG, Muh. Aris Marfai.

Upacara tahun ini mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas," yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. Tema ini menegaskan peran Pancasila sebagai landasan utama dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam upacara tersebut, ikrar Hari Kesaktian Pancasila dibacakan setelah pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Ikrar ini menegaskan tekad bangsa Indonesia untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan nasional.

"Melalui semangat kebersamaan yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, kami membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI," ujar Aris.

Upacara ini juga menjadi bentuk komitmen BIG dalam menanamkan nilai-nilai persatuan, kesatuan, dan kebhinekaan yang terkandung dalam Pancasila kepada seluruh peserta.

Salah satu peserta upacara dari Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Sri Mardia Ningsih, menyatakan, "Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila sangat berkesan. Semoga nilai-nilai persatuan dan kebhinekaan yang terkandung dalam Pancasila terus ditanamkan dan dihayati oleh seluruh peserta," ujarnya. (NAM/AFN)