Sabtu, 14 September 2024   |   WIB
en | id
Sabtu, 14 September 2024   |   WIB
Satu Dekade Bhumandala Award untuk Indonesia yang Lebih Baik

Cibinong, Berita Geospasial - Sudah satu dekade Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan Bhumandala Award. Tahun ini, Bhumandala Award akan kembali digelar dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kementerian/kembaga (K/L), dan pemerintah daerah yang telah berhasil menyelenggarakan dan menerapkan Informasi Geospasial dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan.

Tahun ini, Bhumandala Award menambahkan kategori baru, yaitu penyelenggaraan Informasi Geospasial Tematik (IGT). Tema baru ini diberikan sesuai dengan Surat Keputusan BIG Nomor 16 Tahun 2023 tentang Wali Data IGT.

“Tahun ini akan ada Bhumandala Award kategori penyelenggaraan Informasi Geospasial Tematik (IGT). Tujuannya untuk meningkatkan pelaksanaan penyelenggaraan IGT yang baik sesuai prinsip satu peta dan satu data, serta mengakselerasi pencapaian K/L dalam pemenuhan target penyelenggaraan IGT yang berkualitas dan dapat diberbagipakaikan,” ungkap Direktur Pemetaan Tematik BIG Gatot Haryo Pramono pada pelaksanaan Webinar Bhumandala Award 2024 yang diselenggarakan secara daring pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Selain itu, penghargaan akan diberikan kepada tiga tema IGT terbaik dan satu IGT favorit yang berhasil melaksanakan berbagai kegiatan Kebijakan Satu Peta (KSP) sesuai dengan standar yang ditetapkan. Total peserta yang terdaftar tahun ini meliputi 16 K/L dengan 39 IGT.

Direktur Kelembagaan dan Jaringan Informasi Geospasial (IG) BIG Rachman Rifai menjelaskan bahwa penilaian Bhumandala Simpul Jaringan didasarkan pada lima indeks kinerja yang mencakup kebijakan, kelembagaan, teknologi, sumber daya manusia, dan standar data IG.

“Proses penilaian dilakukan secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri. Setiap domain, aspek, dan indikator dilakukan penghitungan sesuai nilai tingkat kematangan berdasarkan bobot yang berbeda-beda untuk menghasilkan Indeks Kinerja Simpul Jaringan IG pada rentang 1,00 sampai 5,00,” terang Rachman.

Tahun ini, penjurian untuk Bhumandala Award Batas Desa/Kelurahan juga mengalami perubahan dengan adanya juri dari Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, pemerintah daerah dapat mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam penghargaan ini.

Pada Bhumandala Award Nama Rupabumi 2024, kategori pemenang diperluas dengan adanya penghargaan untuk K/L, pemerintah daerah provinsi, kabupaten, kota, serta pihak lain baik perorangan maupun organisasi.

Satu dekade Bhumandala Award Tahun 2024 mengambil tema Tata Kelola Data Spasial Berkualitas untuk Indonesia yang Lebih Baik. Kegiatan penganugerahan Bhumandala Award akan dilaksanakan pada bulan November 2024 di Studio Metro TV, Jakarta. (SMN/MN)