Jumat, 08 November 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 08 November 2024   |   WIB
BerAKHLAK Akselerasi Transformasi ASN

Cibinong, Berita Geospasial - Penerapan Core Value BerAKHLAK sejatinya merupakan sari dari nilai dasar dan panduan perilaku yang sebelumnya diatur pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Nilai yang lebih ringkas dan padat tersebut bertujuan menyamakan persepsi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebagai sari dari 15 nilai dasar yang ada di UU ASN, diharapkan core value ini lebih mudah dipahami,” jelas Analis Kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Rahajeng Ika Desyana saat mengisi rangkaian kegiatan `Orientasi CPNS BIG`, Jumat (18/3).

Rahajeng menjelaskan, pemberlakuan core value BerAKHLAK adalah tahap pertama dari enam strategi yang dijalankan pemerintah untuk melakukan transformasi ASN. Strategi tersebut terdiri dari penguatan budaya kerja dan employer branding; percepatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM); peningkatan kinerja dan sistem penghargaan; pengembangan talenta dan karir; percepatan transformasi digital; serta perancangan jabatan, perencanaan, dan pengadaan.

Dalam bingkai yang lebih luas, Rahanjeng menuturkan, transformasi ASN mutlak diperlukan untuk menghadapi dua tantangan utama. Pertama, perkembangan teknologi yang membuat semua proses menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kedua, populasi milenial yang diprediksi menempati 70 persen proporsi demografi Indonesia pada 2030.

“Ke depannya, kita sebagai pelayan publik dari kaum milenial. Masyarakat yang kita layani pun milenial, digital native yang terbiasa menerima kemudahan. Untuk itu, kita butuh pendekatan yang baru,” jelas Rahajeng.

Tema ‘BerAKHLAK’ menjadi salah satu materi yang diterima CPNS BIG dalam masa orientasi. Koordinator Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi BIG Abdurasyid menjelaskan, topik tersebut dipilih untuk memberikan semangat dan pemahaman yang sama mengenai pelayanan prima.

“Kami pun secara rutin melakukan kristaliasi core value BerAKHLAK dan employer branding Bangga Melayani melalui sosialisasi dengan menggandeng KemenpanRB,” jelas Rasyid. (MAD/NIN)