Senin, 25 November 2024   |   WIB
en | id
Senin, 25 November 2024   |   WIB
BIG Raih Penghargaan Pelayanan Publik 2021

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali meraih predikat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Lingkup Kementerian/Lembaga dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Predikat ini merupakan penghargaan yang tiga kali berturut-turut dicapai BIG sejak tahun 2019.

Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama BIG Suprajaka menilai capaian ini sebagai apresiasi atas peningkatan layanan yang telah dilakukan BIG. Selama ini BIG telah berinovasi melakukan transformasi digital dengan menghadirkan layanan digital yang dapat diakses via sigesit.big.go.id. Selain itu, survei kepuasan masyarakat dilaksanakan secara rutin untuk menjaring aspirasi.

“Standar layanan BIG juga disusun melalui Forum Konsultasi Publik yang melibatkan berbagai stakeholder dari instansi pemerintah, pendidikan, juga swasta. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas layanan yang prima,” jelas Suprajaka.

Anugerah tersebut disampaikan langsung oleh MenpanRB Tjahjo Kumolo dalam “Penyampaian Hasil Evaluasi Kinerja Pelauanan Publik dan Pemberian Penghargaan Lingkup Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021” di Jakarta, Selasa (8/3).

Tjahjo mengingatkan aparatur sipil negara akan pesan Presiden Jokowi bahwa jiwa melayani dan membantu masyarakat harus tertanam kuat. Ego sektoral sudah tidak relevan di masa ini.

“Setiap aparatur pemerintah harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ini adalah tantangan dari reformasi birokrasi yang harus kita jalankan sebagai visi misi Presiden,” jelas Tjahjo.

Sebagai informasi, nilai indeks pelayanan publik pemerintah mengalami sedikit penurunan. Hasil evaluasi tahun 2021 menunjukkan indeks pelayanan turun menjadi 3,79 dari 3,84 pada tahun 2020. Selain karena pandemi Covid19, penurunan tersebut disebabkan juga oleh penambahan lokus evaluasi sebanyak 28 instansi kementerian/lembaga, 1 instansi provinsi, dan 293 instansi kabupaten/kota. Total lokus evaluasi pelayanan publik tahun 2021 adalah sebanyak 632 instansi.(FP/MAD)