Jumat, 24 Mei 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 24 Mei 2024   |   WIB
Perkuat Literasi Geospasial, LAN Sambangi BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Dalam rangka peningkatan kapasitas, kompetensi, dan kualitas kebijakan data serta Informasi Geospasial (IG) Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekretaris Utama Lembaga Administrasi Negara (LAN) Reni Suzana dan rombongan berkunjung ke kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Kamis, 28 Maret 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Reni menyatakan pentingnya kolaborasi antara LAN dan BIG dalam meningkatkan literasi geospasial.

“Tiga hal yang membuat kami ingin belajar IG. Pertama, LAN memiliki banyak data dan mempublikasikan data, maka kita perlu menambah wawasan IG untuk melengkapi data yang dipublikasikan. Kedua, adanya transformasi digital dengan mengadakan digital talent. Digital talent ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, dan kecakapan penggunaan teknologi digital serta mendorong ASN untuk lebih mengenal dan mengadopsi teknologi dalam melayani masyarakat. Untuk digital talent kita membutuhkan IG pada tahapan rekrutmen. Ketiga, LAN saat ini sedang mengembangkan Corporate University (Corpu), memungkinkan LAN dapat mengadopsi IG untuk pembelajaran di Corpu,” tegasnya.

Reni mengakui bahwa teknologi geospasial memiliki peran penting untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terkait administrasi negara.

Statistisi Ahli Madya LAN Pujiatmo Subarkah menambahkan bahwa data IG yang dimiliki LAN saat ini berupa Statistik Alumni Pengembangan Kompetensi, Statistik Jabatan Fungsional, Statistik Laboratorium Inovasi, Statistik Pengaduan dan Informasi, Statistik MoU dan Kerja Sama, Kinerja Anggaran, Statistik Kepegawaian LAN, serta Publikasi dan hasil kajian LAN. “Kami berharap dapat meningkatkan data IG dan menjadi bagian yang mempunyai data IG,” ungkapnya.

Sekretaris Utama BIG Belinda Arunarwati Margono menyambut baik kunjungan ini dan menegaskan komitmen BIG untuk memperkuat kerja sama dan membuka cara pandang baru terkait IG. “Kami ingin memberikan gambaran bahwa IG ini sangat perlu. Pekerjaan akan berat di awal, seperti mengumpulkan data yang sangat membutuhkan waktu, tetapi data yang dihasilkan akan bermanfaat untuk banyak orang,” ucap Belinda.

Belinda juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan LAN kepada BIG. Beliau berharap kunjungan ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk mentoring dan adanya forum kecil untuk pembekalan dan penguatan IG.

Selama kunjungan, rombongan yang merupakan perwakilan dari 17 unit kerja di LAN ini diberikan penjelasan tentang proses bisnis dan pemanfaatan IG. Lebih lanjut, kedua lembaga sepakat untuk melaksanakan mentoring IG. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan peningkatan kualitas kebijakan data geospasial secara lebih efektif. (SMN/MN)