Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Warga Kristiani BIG Kembali Merayakan Natal Bersama CSC-LIPI

 

Cibinong, Berita Geospasial - Dari tahun ke tahun Warga Kristiani Badan Informasi Geospasial (BIG) secara berkala menyelenggarakan Perayaan Natal Bersama. Di tahun 2018 ini, Warga Kristiani BIG kembali mengadakan Perayaan Natal Bersama pada Jumat, 19 Januari 2018. Acara yang digelar di Aula Utama Kantor BIG, Cibinong, mulai dari pukul 11.00-13.30 WIB ini mengambil tema “Damai Sejahtera Telah Datang, Bersukacita, dan Wartakanlah!”.

Perayaan Natal Bersama Warga Kristiani BIG ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan diantara seluruh Warga Kristiani BIG sendiri, beserta Warga Kristiani Cibinong Science Center – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (CSC-LIPI), sebagai sahabat atau rekan satu wilayah kantor. Selain itu, dengan kebersamaan ini diharapkan dapat membangun semangat untuk memberi dan berbagai, melalui sikap dan perkataan, serta menjadi perbuatan kasih yang nyata, untuk melayani sesama.

Kegiatan Perayaan Natal Bersama Warga Kristiani BIG ini memiliki 2 agenda utama, yaitu ibadah dan ramah tamah. Kurang lebih 70 orang memenuhi tempat acara pada hari itu. Untuk ibadah sendiri dibawakan oleh Romo Mikail Endro Susanto, Pr dari Paroki Santa Perawan Maria, Katedral Bogor. Ibadah yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam, tersebut semua umat mengikuti jalannya ibadah dengan khitmad.

Setelah ibadah, acara dilanjutkan dengan sesi ramah tamah sekaligus makan siang. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Antonius Bambang Wijanarto, Kepala Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika (PJKGG) BIG. “Perayaan natal ini diharapkan menjadi pengingat bagi semua warga Kristiani bahwa Tuhan Yesus datang, sekali lagi bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani”, demikian diungkapkan Anton kepada peserta. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), diingatkan kembali agar memiliki jiwa melayani. “Bunda Theresa mengingatkan, kalau kita melayani, dasarnya adalah cinta dan kasih. Jadi dilandaskan cinta dan kasih, selalu ada sukacita”, imbuhnya. Manusia itu punya 3 level pelayanan, melayani diri sendiri, melayani keluarga, dan melayani sesama. Dan yang paling berat adalah melayani siapapun tanpa pandang bulu, demikian diungkapkan Anton menutup sambutannya.

Berikutnya adalah sambutan dari Yosef Dwi Sigit Purnomo, sebagai Ketua Warga Kristiani BIG. Disampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan, serta Bapak-Ibu Purnabhakti yang selalu hadir dan memberikan semangat kepada Warga Kristiani BIG. “Terima kasih kepada para ASN yang meluangkan waktu, pada jam kerja untuk hadir pada perayaan ini. Terima kasih juga kepada LIPI, semoga ini menjadi jalan untuk membina hubungan baik, sebagai sesama penghuni CSC”, ujarnya. Sesuai dengan tema perayaan natal ini, tugas Warga Kristiani BIG adalah mewartakan, menjadi ASN yang profesional yang bisa membawa pujian dan kehadiran Yesus mengingatkan kita untuk menjadi Warga Kristiani BIG untuk terus berkarya dengan baik, menjadi saksi Kristus dimanapun pekerjaannya. “Kepada panitia yang sudah berjerih payah selama berhari-hari, dan terus meluangkan waktunya di tengah pekerjaan, saya ucapkan terima kasih sekali, dan juga kepada bapak ibu yang dengan kerelaan hati, dengan sukacita tetap memberikan donasi, kami juga menyampaikan terima kasih”, ucap Sigit.

Menyusul kemudian adalah sambutan dari Ketua Panitia Perayaan Natal Bersama pada hari itu, Elvira Isir. Sekali lagi Elvira mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang berkenan hadir, termasuk Purnabhakti BIG dan CSC-LIPI. “Saya sangat berterima kasih mewakili seluruh panitia, kami mohon maaf atas fasilitas, atau apapun itu adalah keterbatasan dari kami, kami mohon maaf dan seluruh panitia sangat berterima kasih, untuk partisipasi dari bapak ibu yang telah memberikan donasi atau apapun itu, sehingga perayaan natal dapat dilangsungkan hari ini dengan baik”, tutur Elvira kepada para tamu undangan. Acara kemudian diteruskan dengan sesi makan siang bersama dan ramah tamah.

Beberapa penampilan pada hari itu adalah dari persembahan pujian dari Dimas yang menyanyikan lagu Cause We Believe dan Have Yourself a Merry Little Christmas, kemudian persembahan pujian dari Elvira & Friend yang membawakan lagu Hanya Yesus Jawaban Hidupku. Kemudian persembahan lagu O Holy Night dari Ronald David Michael, persembahan puisi dari Ozan, serta tak ketinggalan persembahan lagu pujian dari para Panitia Natal.

R.W. Matindas, Purnabhakti BIG yang pernah menjabat sebagai Kepala Bakosurtanal periode 2002-2010, menyampaikan apresiasinya kepada para Panitia Natal Bersama Warga Kristiani BIG karena berhasil menyelenggarakan acara yang baik, dekorasi yang bagus, semua rapi dan lancar pada tempatnya. “Pada kesempatan natal ini kita bersyukur bisa berkumpul bersama untuk merayakan acara natal sekaligus menyambut tahun baru 2018, bila kita melihat ke belakang, perjalanan organisasi ini selalu demikian, dimulai dari awal, beberapa kelompok kecil, kemudian membesar, membesar, tapi tidak bisa dipungkiri itu adalah keahlian dari para pegawainya, yang penting itu semua diteruskan ke depan dan juga semoga tetap semangat!”, tandasnya.

Tak ketinggalan, Al Sutanto yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Utama Bakosurtanal, juga mengucapakan terima kasih kepada panitia. “Saya sampaikan penghargaan dan juga semangat yang terus-menerus bisa dilanjutkan, oleh generasi muda. Jadi kami berharap, walaupun panitia sudah bekerja keras ternyata tidak banyak yang hadir, kursi-kursi tidak penuh, jangan patah semangat, justru itulah semangat kita, jadi tidak masalah, yang penting semangat, tiap tahun ada perayaan natal,  siapapun atau berapapun yang datang tidak menjadi masalah, sekali lagi saya sampaikan harapan dan penghargaan kepada panitia natal generasi muda saat ini”, ungkapnya. Sebagaimana harapan para purnabhakti yang ingin para generasi muda untuk terus bersemangat, semoga ke depannya kegiatan ini masih akan terus berlangsung dengan terus bersemangat. (LR/TR)