Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Walimatus Safar untuk Calon Jamaah Haji Keluarga BIG 2017

Cibinong, Berita Geospasial – Menunaikan ibadah haji merupakan cita-cita setiap umat Muslim. Selain Haji adalah ibadah yang amat mulia, ibadah tersebut adalah bagian dari rukun Islam bagi muslim yang mampu menunaikannya. Pada hari Kamis, 20 Juli 2017 di Masjid Al-Idrisi, keluarga BIG mengadakan acara Walimatus Safar untuk Calon Jamaah Haji pegawai BIG dan purnabhakti BIG.

Sebanyak 7 (tujuh) pasangan calon jamaah haji hadir dalam acara ini dan 2 (dua) orang diantaranya adalah Purnabhakti BIG. Berikut daftar para calon jamaan haji yang hadir pada acara ini:

  • ·         Bp. AB Suriadi dan istri
  • ·         Bp. Dul Wahid dan istri
  • ·         Bp. Ristianto dan istri
  • ·         Bp. Sarimin dan istri
  • ·         Ibu Wartiwi dan suami
  • ·         Bp. Sijam (purnabhakti) dan istri
  • ·         Bp. Jafar (purnabhakti) dan Ibu Srimanah.

Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Industri Informasi Geospasial, Sumaryono memulai acara ini dengan mendoakan semoga para calon jamaah haji mendapatkan Haji yang Mabrur. Setelah itu, Ketua DKM Masjid Al-Idrisi, Enjang Farid membuka dan menyampaikan sambutan dan selamat untuk para calon jamaah haji keluarga BIG. “Salam hangat juga untuk Bapak Hasan, Kepala BIG, pada hari ini kita melaksanakan walimatus safar untuk para calon jamaah haji keluarga BIG. Sudah hadir bersama-sama kita, bapak/ibu beserta pasangan masing-masing. Kita ini berkumpul untuk mendoakan mereka ini untuk menjadi Haji yang Mabrur. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.” buka Enjang Farid.

“Calon tamu Allah ini tidak meminta apapun dari kita, mereka hanya meminta doa dari kita dan semoga yang datang di sini pada hari ini akan diundang oleh Allah untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5” ujar Ust. Sofyan Sani pada ceramahnya tilawah Al-Qur’an di walimah ini. Ust. Sofyan Sani menyampaikan ada 3 (tiga) tujuan orang beribadah Haji, yaitu menunaikan rukun Islam yang ke-5, ingin diampunkan dosanya dan ingin dikabulkan semua doanya. Dilarang oleh Allah 3 (tiga) perbuatan yang merusak haji, yaitu rafats (hubungan seks), jidal (berdebat kusir), fusuq (melakukan hal-hal negatif). Rafats dilarang karena memunculkan tabiat syahwat, jidal dilarang karena memunculkan emosi permusuhan, sementara fusuq dilarang karena keluar dari ketentuan-ketentuan syari'at. “Perhatikan akibat-akibat dari tiga hal tersebut, dan renungkanlah apa yang Allah mau dalam kehidupan ini dengan spektrum pemikiran yang lebih luas”, pesan Ust. Sofyan Sani.

Hasanuddin Z. Abidin, Kepala BIG, turut memberikan ucapan selamat serta sambutan untuk calon jamaah haji ini. “Banyak yang ingin berangkat pergi haji, tetapi Allah punya aturan sendiri dan hanya Allah yang tahu bagaimana mekanismenya. Allah memilih tamu-Nya sendiri, karena ketika berada di tanah suci, rasional kita ini seakan ditantang. Untuk itu tidak bisa kita macam-macam, seperti yang dibilang Ustadz tadi, kita pasrah sajalah. Kita harus sabar, tawakal, sabra dan pasrah. Insya Allah ndak ada apa-apa”, ujarnya.

Hasanuddin memberi selamat untuk calon jamaah haji dan mendoakan semoga para jamaah haji menjadi Haji Mabrur, selamat sampai tujuan dan juga selamat kembali ke Indonesia. “Tolong doakan BIG, doakan juga teman-teman yang belum ke sana untuk diundang oleh Allah”, ujar Hasanuddin. “Fokus saja beribadah jangan pikirkan kantor, kalau bisa handphone tidak usah diaktifkan atau sesekali saja untuk menghubungi keluarga, maksimalkan ibadah saat berhaji”, pesan Hasanuddin mengakhiri sambutannya. (ME/ES)