Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Verifikasi Titik BM Untuk Rencana Pengembangan Pelabuhan di Lingkungan Pelindo III

Kalimantan Selatan, Berita Geospasial - Pelindo III telah menggandeng BIG sejak tahun 2017 melakukan verifikasi titik Bench Marking (BM) untuk rencana pengembangan pelabuhan di lingkungan Pelindo III. Jika pada tahun 2017 lalu dilakukan di 14 lokasi, maka pada tahun 2018 ini dilanjutkan untuk 23 lokasi.

Dalam kegiatan ini dilakukan pengamatan GNSS (Global Navigation Satellite System) untuk setiap titik BM di lingkungan pelabuhan, pengamatan pasang surut selama minimal 30 hari untuk lokasi-lokasi yang tidak tersedia stasiun pasang surut, dan dilakukan levelling di setiap BM terhadap referensi pasang surut.

Kegiatan lapangan untuk pengamatan GNSS dan levelling pada tahun ini diawali dari 2 lokasi di Jawa Timur, yaitu di Probolinggo dan Pasuruan, yang telah dimulai sejak hari Kamis, 3 Mei 2018. Sedangkan untuk pengamatan pasang surut di lokasi yang tidak tersedia stasiun pasang surut, dilakukan di 2 lokasi, yaitu di Pelabuhan Ippi dan Pelabuhan Stagen, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Pekerjaan ini dijadwalkan selesai seluruhnya pada akhir Oktober 2018.

Dari hasil kegiatan ini, tentunya sangat bermanfaat bagi Pelindo III sebagai penyedia anggaran, dan juga BIG sebagai pengelola data geospasial karena akan memperkuat jaringan data pasang surut dan titik-titik referensi di sekitar pelabuhan.(AC/LR)