Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

ULM Banjarmasin Perkenalkan “SIPERKASA” Kepada BIG

Cibinong – Berita Geospasial, Birokrasi, mendengar nama tersebut mungkin sebagian besar masyarakat masih beranggapan dengan beberapa persepsi seperti “berbelit, lama, Panjang, kurang efisien” dan lain sebagainya.

Memang citra birokrasi Indonesia lekat dengan beberapa hal yang disebutkan diatas, namun seiring kemajuan system informasi dan teknologi “memaksa” birokrasi untuk berevolusi salah satunya melalui manajemen sistem Informasi.

Hal tersebutlah yang menelatar belakangi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengunjungi Badan Informasi Geospasial (BIG) Jumat (26/07/) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) asal Banjarmasin ini memperkenalkan suatu sistem manajemen informasi terintegrasi yaitu Sistem Informasi Permohonan Kerjasama (SIPERKASA).

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Universitas Lambung Mangkurat Aisyah mengatakan bahwa sistem ini merupakan sebuah sistem manajemen informasi terintegrasi yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pengajuan kerjasama di suatu instansi.

“aplikasi ini merupakan pengembangan dari kami (ULM) yang bertujuan untuk meringkas proses birokrasi khususnya untuk proses dan monitoring kerjasama” ungkapnya.

Sementara Itu Pelaksana Harian (PLH) Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama (PPKS) Badan Informasi Geospasial Theresia Retno Wulan yang menerima langsung kunjungan tersebut mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut bisa menjadi refrensi bagi BIG khususnya di Bidang Promosi dan Kerja Sama untuk melakukan hal serupa di masa mendatang.

“ini bisa jadi bahan refrensi kita, (BIG), untuk mempersingkat proses pengajuan kerjasama” tutur Retno.

Dijelaskan dalam kunjungan kerja kali ini, salah satu kelebihan dari sitem informasi terintegrasi ini ialah dapat memperingkas waktu permohonan kerjasama hingga paling lambat 15 hari dari waktu permohonan yang diajukan sebuah instansi, bahkan apabila berkas yang diajukan sudah lengkap dan telah diverifikasi pengajuan permohonan bisa hanya satu sampai dua hari kerja saja.

Selain pengenalan sistem aplikasi SIPERKASA, pada kunjungan yang berlangsung selama 2,5 jam itu juga dibahas mengenai progress hasil perjanjian kerjasama yang telah dilakukan antara BIG dan ULM beberapa waktu lalu.

Dari hasil monitoring dan evaluasi kerjasama tersebut diketahui bahwa beberapa point dalam perjanjian kerjasama antara kedua instansi telah diaplikasikan dengan baik.

“Alhamdullilah hasil kerjasama dengan BIG saat bermanfaat bahkan beberapa diantaranya sudah diaplikasikan oleh ULM dengan pemerintah daerah di kalsel” tutup Aisyah. (/AR).