Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

UHAMKA Prodi Pendidikan Geografi Berkunjung ke BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sebanyak 36 mahasiswa dan 3 dosen dari Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA – UHAMKA Jakarta, mengadakan kunjungan pada hari Senin, tanggal 27 Agustus 2018 ke kantor Badan Informasi Geospasial (BIG) di Cibinong. Pada pukul 09.00 WIB, kegiatan penerimaan kunjungan dimulai. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbanyak dan memperdalam ilmu pengetahuan mengenai peta dan data-data spasial lain yang berguna bagi mahasiswa/i yang hadir. Selain itu, melalui kegiatan kunjungan ini diharapkan mahasiswa/i yang hadir bisa mendapatkan gambaran dan bukti nyata dari penyelenggaraan IG yang dilaksanakan BIG.

Pada sambutannya, Wira Fajri, Dosen Program Studi  Pendidikan Geografi mengatakan, “Kami ucapkan terima kasih atas diterimanya rombongan dari Pendidikan Geografi Uhamka dalam kunjungan ke BIG ini. Adapun kegiatan ini termasuk dalam program kuliah kerja lapangan, dimana 2 dipergunakan untuk kunjungan ke lembaga data-data spasial, salah satunya BIG. Melalui kunjungan ini kami harapkan bisa mendapatkan informasi keilmuan mengenai unsur-unsur pemetaan, selain itu juga belajar bagaimana mengakses Ina-Geoportal, serta produk BIG lainnya. Untuk itu kami merasa sepertinya penting bagi kami untuk berkunjung ke lembaga ini”.

Pada kunjungan ini, mahasiswa UHAMKA pertama mendapat materi tentang profil BIG yang diberikan oleh Dian Ardiansyah, Staf Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama BIG. Dian menjelaskan apa itu BIG, tugas pokok dan fungsinya, serta macam-macam produk yang dihasilkan BIG. Melalui materi ini peserta diharapkan memahami apa itu IG dan BIG secara umum. Disediakan juga waktu untuk bertanya kepada peserta yang belum memahami. Pada kesempatan ini peserta didorong untuk mau bertanya karena itu bisa menanamkan sikap ingin tahu dan keberanian dalam diri mereka.

Dilanjutkan ke materi selanjutnya mengenai Penyediaan Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) oleh Aldino Rizaldy, dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) BIG. Aldino menjelaskan mengenai Definisi Data dan Informasi Geospasial, Business Process of BIG, Informasi Geospasial (IG), Pemetaan RBI dan lain-lainya. Dijelaskan pula komponen utama dalam pemetaan RBI, tahapan pemetaan RBI, serta unsur-unsur peta RBI. Tak lupa aldino juga memaparkan terkait ketersediaan peta RBI dalam berbagai skala.

Terakhir adalah paparan terkait Ina-Geoportal yang disampaikan oleh Adisty Pratamasari dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPPIG) BIG. Adisty menjelaskan terkait apa itu Ina Geoportal secara lebih mendalam, serta bagaimana cara penggunaannya. “Data yang ada di Ina Geoportal ini akan sangat membantu para mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari, serta pada masa perkuliahan nanti. Data ini juga sudah bisa diunduh secara gratis”, tutur Adisty. Adisty juga men-demonstrasikan terkait cara mengunduh data melalui Ina-Geoportal.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab dengan dua narasumber yang telah dihadirkan. Peserta bertanya kepada narasumber terkait materi yang kurang dipahami, dan sebagai gantinya mendapatkan souvenir BIG yang menarik. Diharapkan ke depannya kunjungan belajar dari UHAMKA dapat dilakukan secara rutin tiap tahunnya, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka terkait apa itu IG dan BIG, yang tentunya dapat dimanfaatkan di proses belajar nantinya. (AJ/LR)